Semarak Grand Final Kacong Cebbing Sampang 2021

Bupati Sampang Slamet Junaidi memberikan sambutan Grand Final Kaceb Sampang 2021 di Gedung GOR, Sabtu (20/3/2021) malam. (Ryan/MM)

Sampang, (Media Madura) – Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing Kabupaten Sampang 2021 digelar di Gedung Olahraga (GOR) Tennis Indoor Jalan Wijaya Kusuma, Sabtu (20/3/2021) malam.

Acara yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang menjadi semakin meriah setelah dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Dardak.

Sebanyak 10 finalis yang telah memasuki tahap Grand Final ini turut memberikan perform yang mengesankan di depan para juri. Tarian-tarian tradisional juga mewarnai dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Ketua TP PKK Sampang Hj Mimin Slamet Junaidi dan wakilnya Vanny Abdullah Hidayat, Kepala Disporabudpar Sampang Marnilem, perwakilan Disbudpar Provinsi Jawa Timur, dan Raka Raki Jatim.

Dalam sambutannya, Bupati Sampang Slamet Junaidi mengungkap pemilihan duta wisata Kacong Cebbing merupakan salah satu upaya menciptakan generasi millenial yang hebat bermartabat serta mempunyai daya saing dalam mempromosikan wisata Kabupaten Sampang kepada masyarakat luas.

“Kacong Cebbing harus memiliki komitmen bersama untuk memajukan daerah bahkan bisa mempromosikan pariwisata di tingkat regional nasional dan internasional, niatka pengabdian dan memberikan yang terbaik Sampang,” kata Slamet.

Mantan Politisi Partai Nasdem ini berharap, seluruh peserta Kacong Cebbing agar mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh selama pelaksanaannya.

Sebab, peserta Kacong Cebbing tahun ini tidak hanya mengikuti kompetisi untuk menjadi duta wisata Sampang di ajang yang serupa, namun memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat.

Senada juga disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin. Ia mengaku bangga atas terselenggaranya Kacong Cebbing sebagai Duta Wisata Kabupaten Sampang.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini sebuah momen yang luar biasa bisa menggelar ajang rutinan dengan menerapkan protokol kesehatan, pesan kami yang terpilih nanti harus disiapkan menjadi rule of model masyarakat,” tuturnya.

Menurut dia, melalui pemilihan Kacong Cebbing 2021 bisa melahirkan pemuda dan pemudi yang berkomitmen mencintai kebudayaan serta berpikir tentang masa depan yang baik dan lebih makmur serta sejahtera.

“Mudah-mudahan generasi hebat masa depan lahir dari Kabupaten Sampang sehingga benar-benar terpilih Kacong Cebbing yang beretika, duta wisata terbaik yang memiliki tanggung jawab sebagai pewaris budaya Madura khususnya Sampang,” ucap istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak itu.

Kepala Disporabudpar Sampang Marnilem menyampaikan, proses sosialisasi ke lembaga sekolah maupun perguruan tinggi serta pendaftaran dimulai sejak bulan Februari yang diikuti 123 orang peserta.

Kemudian, setelah diseleksi bulan Maret hingga memasuku tahap Grand Final dengan tujuan memberikan ruang positif kepada para pemuda-pemudi Kabupaten Sampang dalam ruang lingkup Duta Wisata.

“Selain sebagai Duta Wisata, pemenangnya nanti kita harapkan juga membawa nama baik Sampang berprestasi pada ajang Raka Raki Jawa Timur, tak lupa pula peran Kaceb ini menjadi ikon kita di Sampang,” tutupnya.

Dalam grand final tersebut, Achmad Faisol dan Azzahra Fima Auliya dinobatkan sebagai Kacong Cebbing Kabupaten Sampang tahun 2021.

Sedangkan, posisi runner-up pertama yaitu Rahmat Syafrian H dan Risa Najmi, runner-up kedua Wildan Yudhistira dan Adelia Ayu Susanti.

Untuk Kacong Cebbing Favorit diraih oleh Reksi Wahyudi serta Reka Hanivia Dewi, dan Kacong Cebbing Persahabatan jatuh pada M Ghazal Fikri serta Fatimatus Sholehah.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.