Raperda Inisiatif Perlindungan Petani Sampang Disahkan

Penandatanganan kesepakatan Raperda Inisiatif DPRD Sampang dengan pemerintah daerah saat rapat paripurna, Kamis (25/2/2021) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD Sampang disahkan dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis (25/2/2021) siang.

Dipimpin Ketua DPRD Sampang Fadol, rapat paripurna juga diikuti pimpinan, komisi, anggota DPRD, Wakil Bupati Abdullah Sampang H Abdullah Hidayat, Sekda Sampang Yuliadi Setiawan, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Raperda yang disahkan menjadi Perda tersebut yakni tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Dalam paripurna, Fadol menyampaikan Raperda inisiatif yang baru saja disahkan itu selain fokus untuk memberikan kesejahteraan terhadap petani, juga mendorong dinas terkait membantu segala kebutuhan serta melindungi dan memberdayakan para petani.

“Payung hukum untuk melindungi petani sangat penting karena sektor pertanian bisa diharapkan menggerakkan ekonomi sekaligus ketahanan pangan nasional,” ucap Fadol saat sambutan.

Politisi PKB itu menerangkan, salah satu point penting Perda tersebut adalah pemberdayaan petani dan peningkatan kreatifitas dalam bercocok tanam. Lalu, petani dapat mengatahui hak-haknya yang harus diberikan seperti persoalan kelangkaan pupuk saat ini.

Selain itu, Kata Fadol, melalui regulasi ini pemerintah harus membuat program yang terintegrasi dari pelatihan hingga penyediakan fasilitas pembiayaan dan permodalan yang mudah diakses oleh petani.

Dengan begitu, keberadaan regulasi perlindungan dan pemberdayaan petani diyakini mampu meningkatkan kualitas pertanian.

“Kedepan tinggal pemerintah mensosialisasikan Perda nya, disisi lain mengenai kartu tani di Sampang sudah tersedia dan proses penyempurnaan,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat berterima kasih kepada Bapemperda DPRD yang telah menyusun rancangan legislasi hingga terbentuknya Perda Perlindungan Petani. Setelah itu pada prinsipnya tinggal menjalankan amanah sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Diharapkan adanya perda inisiatif ini benar-benar bermanfaat terhadap petani dalam mensejahterakan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat semua,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.