Ikan Paus Terdampar di Pantai Modung Bangkalan, Khofifah Turun Langsung

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin mengunjungi lokasi terdampar ikan paus di Bangkalan, Jumat (19/2/2021). (Ryan/MM).
Advertisement

Bangkalan, (Media Madura) – Puluhan ikan paus terdampar di bibir Pantai Bengpajung, Kecamatan Modong, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (19/2/2021) siang.

Informasi diterima Media Madura, ikan paus terdampar di wilayah Modong berjumlah 40 ekor, 37 ekor diantaranya meninggal dan 3 ekor yang selamat dikembalikan ke tengah laut.

Terdamparnya ikan paus ini menjadi tontonan warga karena pertama kali terjadi di wilayah tersebut. Ikan paus terlihat dalam kondisi lemas dan akhirnya mati.

Belum diketahui pasti penyebab terdamparnya ikan paus, diduga karena terbawa gelombang tinggi. Meski warga dan para nelayan berusaha mengevakuasi ke tengah laut, namun ikan paus tak bisa diselamatkan.

Menurut salah satu nelayan setempat, kemunculan populasi ikan paus terlihat sejak Kamis (18/2) kemarin di tengah perairan sebelum ditemukan terdampar.

“Dari kemarin di tengah laut banyak sekali ikan paus berenang menuju bibir pantai, sempat berusaha dihalau tapi malah tetap tidak bisa,” ucap Asroki.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melihat langsung lokasi terdamparnya ikan paus di Modong, Bangkalan.

Menurut dia, apa yang menjadi penyebab ikan paus terdampar masih diselidiki oleh tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Sampel ikan paus yang sudah mati disini akan dilakukan penelitian oleh tim Fakultas Kedokteran Hewan Unair,” kata Khofifah dilokasi pantai, Jumat.

Khofifah menuturkan, dirinya meminta didatangkan dua ekskavator ke lokasi pantai untuk menguburkan bangkai ikan paus. Namun proses penguburannya menunggu air surut.

“Yang penting ekskavator ke sini dulu, nanti dikonsultasikan oleh Forkopimcam dan kepala desa mau titik mana dan jam berapa,” terangnya. .

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.