Cara Musisi di Pamekasan Ini Tetap Berbagi di Tengah Pandemi

#kamitukangngamen saat manggung untuk mencari donasi / #kamitukangngamen-Wahyu

Pamekasan, (Media Madura) – “Kami tidak punya banyak uang untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, kami hanya bisa bermain musik. Maka dengan kemampuan itu kami berusaha agar terus bisa berbagi,” begitulah kata Gugun sapaan akrab Gunawan salah satu personel grup musik #kamitukangngamen.

#kamitukangngamen beranggotakan dua personel tetap yakni Gunawan dan Wahyu Gibran Hidayatullah, tetapi saat ngamen di berbagai acara termasuk di kafe, terkadang menggunakan tambahan pemain.

#kamitukangngamen bukan hanya grup musik, tetapi sebuah gerakan sosial untuk berbagi pada sesama. Hasil dari kegiatan bermusiknya disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Gunawan kepada media ini menceritakan, grup musiknya itu berdiri pada tahun 2018 dengan tujuan gerakan sosial. Didirikan atas panggilan hati untuk berbagi pada sesama dan hingga saat ini gerakan tersebut terus berjalan.

“Sebelum masa pandemi kami sering ngamen di acara Car Free Day dan berbagai event lainnya. Hasilnya kita kumpulkan. Setelah itu kita cari orang yang benar-benar membutuhkan. Dan dana itu kita salurkan sendiri. Baik pada orang sakit parah yang tidak punya biaya, fakir miskin, anak yatim, menyumbang pada pembangunan masjid dan musala, bahkan kita sering juga berbagi di panti asuhan,” katanya. Minggu (15/11/2020) malam.

Kegiatan sosial bermain musiknya sempat terhenti akibat Pandemi. Seluruh kegiatan tempatnya ngamen ditutup. Tetapi hal itu tetap tidak menyurutkan niatnya beserta timnya untuk berbagi. Ia bersama rekannya Wahyu tetap mencari donasi pada relasinya untuk dibagikan pada yang membutuhkan khususnya masker.

“Niat baik pasti dimudahkan, dan ditengah Pandemi itu kami tetap bergerak. Jika sebelumnya bermain musik, di awal pandemi kita stop, kita berhenti tetapi kegiatan sosial tetap jalan. Ya cari sumbangan ke teman-teman yang mampu. Kita belikan masker. Kita bagikan di jalan,” tuturnya.

Saat ini, kata Gugun sapaan akrab Gunawan, aktivitas bermusiknya kembali dilanjutkan seiring aturan pemerintah yang memberlakukan kebiasaan baru. “Alhamdulillah sekarang kami mulai bermain musik lagi, meskipun hanya di kafe-kafe,” ucap penyanyi dengan suara khas ini.

#kamitukangngamen bisa membawakan lagu berbagai genre, mulai pop, rock, musik religi dan lagu-lagu yang tengah hits juga dibawakan tetapi apabila ada permintaan dari pendengar di mana grup ini bermain pasti dinyanyikan.

Sementara itu, Wahyu Gibran Hidayatullah
yang merupakan gitaris di grup musik ini mengaku senang berbagi. Ada kepuasan sendiri saat bisa mengurangi beban orang yang membutuhkan.

“Kami punya satu kesamaan, yakni ingin berbagi. Karena itu maka kita menjalani kegiatan bermusik ini dengan senang. Kepuasan tersendiri saat bisa membantu orang lain yang kesusahan,” ucapnya.

Wahyu juga mengajak semua orang agar bersama-sama berbagi pada sesama di masing-masing bidang sesuai dengan kemampuannya.

Ia juga berharap agar pandemi covid-19 bisa segera berakhir, sehingga aktivitas sosial bermusiknya kembali normal dan donasi yang didapatkan banyak membantu orang lain.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.