Begini Simulasi Pilkada dengan Protokol Covid-19 di Sumenep

Simulasi antrean calon pemilih yang melewati pemeriksaan suhu

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara, serta penggunaan sirekap beberapa hari lalu.

Uniknya, simulasi yang digelar di GOR A. Yani ini dikemas dengan suasana sangat berbeda dari simulasi pemilu-pemilu sebelumnya. Sebab kali ada penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra pada awak media menyampaikan, simulasi tersebut sebagai upaya menjalankan proses Pilkada Serentak 2020 meski digelar di tengah pandemi.

“Pelaksanaan simulasi upaya kami, karena proses Pilkada 2020 ini dilaksanakan di masa pandemi, oleh karenanya protokol Covid kita terapkan pada Simulasi ini,” terangnya.

Dikatakannya, simulasi merupakan sebuah pembelajaran untuk membiasakan diri pada petugas, agar saat pelaksanaan mekanisme protokol Covid bisa dijalankan dengan baik.

“InsyaAllah prosesnya (protokol covid-19) sudah kita siapkan, dan masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang ke TPS, karena seluruh prosedurnya sangat baik karena kita terapkan protokol Covid yang ketat,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Sumenep, A. Warits mengatakan, semua tahapan-tahapan akan dipersiapkan dalam pelaksanaan Pilkada, termasuk juga pembentukan ad hoc KPPS yang dalam waktu dekat KPPS akan dilakukan rapid test.

“Semuanya nanti KPPS akan dilakukan rapid test. Supaya pemilihan ini tidak menjadi klaster baru, karena kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Di samping itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep mengenai pemetaan-pemetaannya.

“Kami berkoordinasi dengan Satgas, karena data itu sendiri kan ada di Satgas. Karena kami setiap dalam tahapannya pasti koordinasi dengan Satgas soal itu,” tegasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.