Komisi B DPRD Jawa Timur Minta Pabrik Beli Tembakau dengan Harga Tinggi

Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta perusahaan rokok membeli tembakau petani dengan harga tinggi.

“Kami berharap agar pabrikan bisa membeli tembakau petani dengan harga yang maksimal,” kata Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, persoalan harga tembakau bukan ranah legislatif, melainkan kewenangan pemerintah pusat.

-Advertisement-

“Sebenarnya tembakau ini sama dengan garam, sudah menjadi domain pemerintah pusat,” tuturnya.

Ditegaskan, meski tidak bisa berbuat banyak soal harga, namun pihaknya berjanji akan terus mengawal harga tembakau sampai betul-betul berpihak kepada petani.

“Kami di Komisi B hanya bisa mengadvokasi dan menyuarakan kepada pemerintah pusat agar harga tembakau, garam, dan gula tidak seperti yang terjadi saat ini,” ungkap Aliyadi Mustofa.

Selain meminta pabrikan menyerap seluruh tembakau, pihaknya juga berencana memanggil Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur guna membahas masalah harga tembakau.

“Kemampuan kapasitas kami di Jawa Timur hanya bisa menyuarakan dan mengadvokasi, tidak bisa memberikan keputusan, karena itu semua menjadi kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

“Jadi, kami akan mengundang Disperindag Provinsi Jawa Timur dalam waktu dekat ini,” pungkas Aliyadi Mustofa.

Reporter: Zainol
Editor: Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.