Lampu PJU Mati Rawan Tindak Kriminal

PJU di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Sampang (Dok/MM)

Sampang, (Media Madura) – Banyak lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sampang padam. Seperti lampu penerangan di kawasan Jalan Raya Lenteng, Kecamatan Kedungdung.

Kondisi lampu rusak dan mati membuat warga maupun pengguna jalan mengaku was-was dan ekstra waspada karena jalanan protokol gelap gulita saat malam hari.

“Disini memang sering mati lampu penerangannya, ada juga yang masih hidup tapi agak redup, makanya semua jalanan gelap,” ucap Moh Hosen (47) warga setempat ditemui, Selasa (30/6/2020) siang.

Warga meminta agar pemerintah terkait segera memperbaiki dan mengganti lampu PJU yang mati maupun rusak. Mengingat dampak jalanan yang gelap bisa berakibat fatal terjadinya kecelakaan bagi pengendara terutama saat malam hari.

“Ya minimal bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau tindakan kejahatan,” kata Hosen.

Dikonfirmasi, Kepala Seksi (Kasi) Angkutan dan Keselamatan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Sampang Heri Budiyanto mengaku akan segera memperbaiki laporan warga terkait kerusakan lampu penerangan jalan.

“Nanti ada petugas dari tim kecamatan mengkroscek kondisi PJU,” ungkap Heri.

Diakui Heri, banyak jaringan PJU tahun ini mengalami rusak seperti di Kecamatan Sokobanah, Banyuates, Ketapang, Kedungdung, Pangaregan, Camplong. Faktor kerusakan bermacam-macam, mulai adanya kabel terbakar hingga lampu mati.

“Bertahap kita perbaiki menggunakan anggaran pemeliharaan PJU tahun 2020 yang disiapkan sekitar Rp 500 juta, dari total anggaran itu sudah terserap 40 persen, anggaran ini untuk honor petugas, material, dan BBM, tapi bukan termasuk pembayaran rekening listrik,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.