Konferensi pers di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

Pamekasan, (Media Madura) – Warga Madura dikejutkan dengan rilis data dari Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur yang menerangkan bahwa di Kabupaten Pamekasan terdapat 1 orang yang positif covid-19.

Untuk memastikan hal itu, Satgas covid-19 Pamekasan langsung menggelar konferensi pers di Pendopo Ronggosukowati, dan dipimpin langsung oleh Bupati Pamekasan Baddut Tamam. Minggu (29/03/2020) malam.

Dalam keterangannya, Baddrut menegaskan bahwa 1 orang yang positif covid-19 dan membuat Pamekasan masuk zona merah di Jawa Timur, merupakan pasien dengan status PDP yang telah meninggal di RSUD Slamet Martodirdjo beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Pemkab Pamekasan mengkonfirmasi bahwa pasien yang masih berumur 11 tahun yang baru datang dari Malang tersebut negatif, tetapi rupanya setelah diteliti kembali di Jakarta hasilnya positif covid-19.

“Dari informasi balai besar tehnik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyaikt di Surabaya, pasien dinyatakan negatif, sehingga 24 maret informasi yang beredar dinyatakan negatif,” penjelasan Baddrut Tamam.

Tetapi, kata orang nomor satu di Pamekasan ini, hasil laboratorium pasien tersebut dinyatakan positif oleh Balitbangkes di Jakarta.

“Baru hari ini tanggal 29 Maret dari hasil Balitbangkes Jakarta, bahwa pasien yang masuk rumah sakit itu dinyatakan positif (covid-19),” tegasnya.

Baddrut juga menjelaskan, pasien PDP yang meninggal dunia tersebut telah dikebumikan dengan SOP yang standar dari kementerian kesehatan.

“Hari itu juga, tepatnya hari Jumat seluruh dokter dan perawat yang menangani pasien dikarantina selama 14 hari, sampai 3 April 2020,” urainya.

Bahkan, kata dia, orang tua dari pasien yang meninggal dunia itu juga melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. “Dan sampai hari ini tidak ada keluhan apapun,”tegasnya.

Setelah mengetahui hasil tersebut, Satgas covid-19 Pamekasan akan melakukan langkah-langkah lanjutan sehingga penularan virus corona bisa dicegah dan tertangani dengan baik.

“Yang pertama akan melakukan rapid test terhadap orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien, baru kemudian traching dan menyampaikan dari daerah asal mana,” tukasnya

Saat ini data covid-19 di Kabupaten Pamekasan yakni jumlah ODR mencapai 1.923, ODP 102, PDP 1 dan yang positif 1 orang (meninggal dunia).

Reporter : Arif
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.