Kelompok Budidaya Ikan di Sampang Bakal Terima Bantuan

Pembudidaya ikan lele (foto: Ahmad Rifqi/MM)

Sampang, (Media Madura) – Kelompok usaha budidaya ikan di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, bakal menerima bantuan dana hibah sebesar Rp 35 juta hingga Rp 50 juta. Bantuan ini berupa kolam bundar, bibit lele, dan pakan ikan.

Kepala Dinas Perikanan Sampang Wahyu Prihartono mengatakan, program dana hibah itu disiapkan anggaran mencapai Rp 1,9 miliar untuk 33 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang.

“Per kelompok akan menerima bantuan berupa bibit ikan lele sebanyak 22 ribu, mereka ini juga akan mendapatkan pembinaan dari penyuluh perikanan terkait dengan pelaporan dan teknik pengelolaan usaha budidaya ikan menggunakan kolam bundar,” kata Wahyu, Sabtu (29/2/2020).

Wahyu menuturkan, bantuan program tersebut hasil usulan Musrenbang. Semua propposal yang diajukan terlebih dahulu dilakukan verifikasi, mulai dari pembentukan kelompok, motivasi, dan kesiapan dalam mengelola serta mengembang usaha budidaya ikan.

Syarat yang paling mendasar bantuan hibah ialah harus terbentuk kelompok usaha, jadi untuk perorangan tidak bisa mengajukan permohonan bantuan tersebut.

“Bagi pelaku usaha budidaya ikan agar bisa menerapkan teknik pengelolaan kolam ikan yang baik dan benar sesuai dengan bimbingan penyuluh, terutama dalam hal pemberian pakan dan menjaga kebersihan kolam,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.