Banyak Pensiun, Pemkab Pamekasan Akan Rekrut ASN Secara Bertahap

Ilustrasi ASN

Pamekasan, ( Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN) secara bertahap karena banyak yang pensiun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono mengatakan, rekruitmen itu untuk memenuhi kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena banyaknya ASN pensiun.

“Rekruitmen ASN akan dilakukan secara bertahap, untuk memenuhi kebutuhan pegawai di masing-masing OPD menyusul banyaknya ASN yang pensiun,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Alasan lain, kata Totok, Pemkab dilarang melakukan rekruitmen tenaga kontrak atau honorer, sehingga jalan satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan itu harus rekruitmen ASN.

“Dulu masih bisa tenaga honor sekarang sudah tidak, kekurangan ASN akan dilakukan melalui mekanisme rekrutmen sesuai dengan prosedur yang ada,” tambahnya.

Larangan tersebut tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2005, peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2007 dan Surat Edaran (SE) Menteri dalam Negeri nomor 814.1/169/SJ tanggal 10 Januari 2013 tentang penegasan larangan pengangkatan tenaga honorer bagi Gubernur dan Bupati/Wali kota se Indonesia.

Aturan di atas kemudian ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.