Dana Desa 3 Desa di Pamekasan Ini Terancam Hangus

Pamekasan, (Media Madura) – Sedikitnya tiga desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terancam tidak bisa mencairkan dana desa (DD) tahap 3 tahun 2019, jika tidak menyetorkan laporan realisasi hingga tenggang waktu yang ditentukan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan melalui Bendahara Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) Jamali mengatakan, tiga desa itu adalah Desa Laden, Kecamatan Pamekasan, dan dua Desa di Kecamatan Pakong, yakni Desa Cenlecen dan Desa Klompang Timur.

“Ketiga desa itu tidak menyelesaikan laporan realisasi DD tahap sebelumnya sebagai syarat pencairan DD. Padahal, deadline pencairan DD tanggal 23 Desember mendatang,” katanya, Selasa (17/12/2019).

Jumali menjelaskan, jika sampai waktu yang ditentukan tidak bisa memenuhi syarat pencairan, maka DD itu akan hangus. Menurutnya, pencairan DD itu dibagi tiga tahap. Pertama, pencairan 20 persen, sedangkan tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen.

“Tetapi berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya semua desa mampu menyerap DD secara keseluruhan,” tambahnya.

Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat ketiga desa itu akan memenuhi persyaratan untuk pencairan DD tersebut.

“Mungkin akan terealisasi untuk semua desa, karena kalau tahun sebelumnya semua desa di 13 kecamatan bisa menyerap DD secara keseluruhan,” pungkas Jumali.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.