Legislator Sampang Ini Ungkap Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Stagnan

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sampang Alan Kaisan (kanan).

Sampang, (Media Madura) – Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Alan Kaisan menyebut pertumbuhan ekonomi Sampang masih stagnan atau tidak bergerak diangka 5 persen karena banyak faktor. Salah satunya ialah segala kebutuhan pokok yang masih berasal dari luar daerah.

“Kebutuhan masyarakat baik berupa sandang pangan dan papan ini masih mendatangkan dari luar sehingga perputaran uang di Sampang hanya dibelanjakan ke luar daerah, faktor kecil inilah penyebab pertumbuhan ekonomi lambat,” ucap Alan, Selasa (3/12/2019).

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sampang ini menilai lambatnya pertumbuhan ekonomi berpengaruh karena belum memiliki tempat wisata yang menjanjikan. Maka itu, pemerintah daerah diharapkan terus mencari solusi untuk mempercepat perekonomian di Sampang.

“Jika menggenjot sektor pariwisata memang agak kesulitan untuk berkembang karena tidak ada lokasinya, kemudian nilai investasinya sangat besar sehingga untuk mengembalikan modal juga lama,” katanya.

Alan juga menuturkan, yang perlu dibenahi dan disiapkan oleh pemerintah dalam mendorong gerak laju pertumbuhan ekonomi yakni mengenai pelayanan yang nyaman dan ramah, rasa aman, dan pembenahan soal infrastruktur.

Pemerintah daerah juga perlu menyiapkan SDM di bidang tenaga administratif dan tenaga kasar yang profesional, bahan baku yang menjadi produk olahan, serta tersedianya pemasaran.

“Karena selama ini di Sampang tidak jelas apa bahan baku produk olahan yang bisa dikembangkan, sehingga daya tarik suatu daerah belum dilirik oleh investor, kalau bisa mendorong pengusaha-pengusaha lokal baik perorangan maupun badan usaha daerah,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.