Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Bupati Sampang H Slamet Junaidi (dua ke kiri) meresmikan Pelabuhan Trunojoyo Taddan Kecamatan Camplong di Sampang, Sabtu (30/11/2019) pukul 12.30 WIB. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkesempatan kunjungan kerja ke Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Ia meresmikan Pelabuhan Trunojoyo Taddan Kecamatan Camplong, Sabtu (30/11/2019) siang.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Sampang H Slamet Junaidi dan Wakil Bupati H Abdullah Hidayat.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pengoperasian Pelabuhan Trunojoyo Taddan Sampang dengan ini saya nyatakan resmikan dibuka,” ucap Budi Karya sebelum menekan tombol sirene di Pelabuhan Trunojoyo Taddan.

Setelah peresmian, Menhub RI langsung meninjau kapal penumpang di Pelabuhan Trunojoyo Taddan. Dia didampingi Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Kepala Dishub Jawa Timur Fattah Jasin, dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Branta Edi Kuswanto.

Budi Karya mengatakan, diresmikannya Pelabuhan Trunojoyo Taddan diharapkan mampu memajukan pergerakan ekonomi masyarakat serta mendukung kelancaran arus barang di bidang transportasi laut.

Hal ini menjadi salah satu program andalan Presiden Jokowi dalam nawa citanya yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi dan domestik.

“Pelabuhan ini akan sangat berarti apabila sesuai dengan kebutuhan-kebutuhannya, program konektivitas ke seluruh wilayah seperti yang diinginkan presiden ini harus ada pengembangan ekonomi, nanti akan kita upayakan juga pembangunan plengsengnya di pelabuhan tahun 2020 dan penambahan armada kapal,” ungkapnya.

Menteri Perhubungan juga meminta Bupati Sampang Slamet Junaidi agar memikirkan potensi yang bisa dikembangkan dengan mengedepankan kearifan lokal atau industri tertentu. Sehingga pelabuhan kapal penumpang tersebut tidak hanya pergerakan manusia, melainkan ada pergerakan arus barang.

Pelabuhan Trunojoyo Taddan ini beroperasi pelayaran menuju Probolinggo. Pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 itu harga tiketnya sangat ekonomis yakni Rp 5.500 ribu setiap kendaraan motor. Sedangkan tujuan Sampang ke Gili Mandangin Rp 3.500, untuk ke Gili Ketapang Rp 5.500.

Sementara Bupati Sampang H Slamet Junaidi berharap beroperasinya Pelabuhan Trunojoyo Taddan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menuju ke daerah lainnya karena bisa mengurangi jarak tempuh perjalanan. Dengan adanya pelabuhan, masyarakat Sampang bermata pencarian petani dan petambak garam tentu diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan transportasi laut.

“Kami ingin menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat antara lain trayek kapal penumpang dari Sampang ke kota-kota pulau jawa agar ditambah dari awalnya 1 kali dalam seminggu menjadi 2 kali, kedua mohon dibangun dermaga plengsengan di pelabuhan agar aktivitas bongkar muat lebih maksimal,” kata Bupati Sampang.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.