Bupati Banyuwangi bersama anggota PWI Sumenep dan Ketua PWI Banyuwangi

Banyuwangi, (Media Madura) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar study tour pariwisata ke Kabupaten Banyuwangi, Jumat (30/11/2019).

Kegiatan tour ini merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Jurnalistik yang sebelumnya telah digelar di beberapa sekolah tingkat SMA dan sederajat.

Tujuan dari kegiatan tour ini adalah untuk mengetahui lebih dekat mengenai cara kerja Pemkab Banyuwangi hingga sukses di sektor promosi wisata.

Di Banyuwangi sendiri, rombongan PWI diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas didampingi Kasubag Humas Pemkab Banyuwangi, Rahmawati Setyoardinie dan Ketua PWI Banyuwangi, Syaifudin Mahmud.

“Hubungan kami di Pemkab dengan wartawan sangat bagus, saling mengisi informasi terkait apa saja. Termasuk pengelolaan wisata,” kata Bupati Anas saat ditanya soal relasi pemkab dengan awak media.

Menurutnya, kerja sama baik tersebut terjalin berawal dari peran Humas Pemkab yang maksimal. Bahkan, semua informasi yang ada di Kabupaten Banyuwangi secara kolaborasi dikelola dengan baik oleh Humas dan wartawan.

“Humas sudah menjalin hubungan yang baik dengan wartawan, baik yang tergabung di PWI, AJI maupun IJTI, bahkan yang tidak tergabung dengan organisasi profesi mana pun,” terangnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Pemkab Banyuwangi, Rahmawati Setyoardinie menambahkan, dalam praktiknya, setiap ada momen atau kegiatan, Humas menyiapkan materi berita yang dirilis melalui grup khusus. Lengkap dengan foto terbaiknya.

“Bagi rekan wartawan, kami aktif menyediakan rilis yang berbentuk berita dengan angel menarik berserta fotonya juga. Jadi, berita tidak habya fokis di seremonial, tapi harus berisi atau bermakna,” papar Rahmawati.

Untuk tugas mengemas berita, Humas Pemkab Banyuwangi juga menyiapkan empat orang yang bertugas menulis berita dan ada juga yang bertugas mengambil foto dan video. Hasil karya petugas di Humas itu yang dishare ke grup WA.

“Kalau tempat acara Pemkab itu jauh, kami juga menyediakan alat transportasi teman-teman media. Jadi, kunci kami ya di komunikasi yang baik, dan Alhamdulillah rekan wartawan juga dengan sepenuh hati membantu kami,” imbuhnya.

Selain bertemu bupati dan pihak pemkab, rombongan PWI rencananya masih akan melanjutkan kegiatan study tour ini dengan mengeksplore langsung sejumlah objek wisata di Banyuwangi untuk mengetahui langsung bagaimana pihak pengelola mengemas wisata yang menarik dan memantik wisatawan datang.

Reporter : Rosy
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.