Suhu Capai 35 Derajat Celsius, BMKG Kalianget: Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ilustrasi (Dok/MM)

Sumenep, (Media Madura) – Dalam beberapa hari terakhir, suhu panas melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bahkan pada hari ini, Rabu (30/10/2019), suhu udara di Sumenep mencapai 35 derajat celsius.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Usman Khalid menjelaskan, suhu udara di Sumenep beberapa hari ini meningkat lantaran posisi matahari berada di lintang selatan.

“Akibat dari itu, penyinaran matahari secara langsung lebih lama daripada biasanya,” tutur Khalid, Rabu (30/10/2019).

Selain itu, pada saat siang hari cuaca cenderung lebih cerah dan tidak ada awan. Sehingga ketika posisi matahari tepat berada di atas yang secara langsung diterima oleh bumi.

“Maka dari itu, panas matahari akan sangat terasa. Lantaran tidak ada awan yang menghalangi,” sambungnya.

Namun demikian, BMKG mencatat suhu udara yang mencapai 35 derajat celsius itu relatif normal. Namun, pihaknya mengimbau masyarakat tetap menjaa kondisi tubuh agar tidak tekena dampak panas yang berlebihan.

“Tapi saya tetap mengimbau agar masyarakat perbanyak mengkonsumsi air. Utamanya pada saat siang hari, agar tidak dehidrasi,” sarannya.

Khalid menambahkan, tingginya suhu udara tersebut merupakan hal yang wajar. Apalagi bulan Oktober merupakan puncak tingginya suhu udara.

“Matahari berada di atas kita. Dia memperkirakan suhu udara akan menurun saat memasuki bulan November, di mana musim penghujan akan datang,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.