Legislatif Sampang Tuding Disarpus Manipulasi Pengadaan Majalah Hidayah

Anggota Komisi IV DPRD Sampang Moh Iqbal Fathoni ditemui diruangannya, Rabu (30/10/2019). (Ryan/MM).

Kampang, (Media Madura) – Program pengadaan koran, tabloid, dan majalah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sampang disoal. DPRD menemukan kejanggalan dalam pengadaan tersebut.

Pasalnya, majalah Hidayah yang dianggarkan itu ternyata sudah tidak beredar lagi sejak tahun 2016. Meski begitu, dinas terkait tetap mencantumkan program pengadaan majalah dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tahun 2020.

“Tidak masuk akal, pengadaan majalah tapi sudah tidak beredar dipasaran lagi, anehnya tetap dimasukkan ke RKA tahun depan,” ungkap anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sampang Moh Iqbal Fathoni, Rabu (30/10/2019).

-Advertisement-

Dia mengatakan, Disarpus setiap tahunnya selalu menganggarkan pembelian majalah, seperti tahun anggaran 2019. Besar kemungkinan di tahun 2017 dan 2018 juga hal sama. Menurut Fafan panggilan akrabnya, temuan ini menjadi perdebatan legislatif saat pembahasan RKA di meja Komisi IV.

“Setelah kita telusuri ternyata draft satuan program dilakukan dengan cara copy paste, ini kan aneh kesalahannya dilakukan berulang-ulang, bahkan dinas terkait hanya bilang maaf karena ada kesalahan,” tuturnya.

Besaran anggaran pembelian majalah itu terbilang kecil. Namun diyakini Disarpus me-mark up anggaran tersebut. Untuk itu, pihaknya berjanji akan terus mengawasi beberapa program kegiatan yang rawan dimanipulasi.

“Masak majalah yang di pasaran harganya Rp 35 ribu, namun disini dianggarkan Rp 60 ribu, kedepan anggaran setiap dinas ini bagaimana bisa terserap dengan optimal sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sekretaris Disarpus Kabupaten Sampang Fatimatus Zahrah mengaku hanya ada kesalahan input data. Tetapi pihaknya telah melakukan perbaikan setelah ada temuan dari legislatif.

“Bukan fiktif, tapi ada peralihan anggaran yang memang tidak ada di RKA, jadi kami siasati dengan cara itu,” singkatnya.

Sekedar diketahui, majalah Hidayah merupakan majalah religi yang kerap menceritakan kejadian aneh yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Ciri khas dari majalah ini seperti ilustrasi jenazah dimandikan, pocong, dan suasana kuburan.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.