Warga memprotes jalan rusak bergelombang di Jalan Raya Kaseran Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. Videonya menjadi viral. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Menyampaikan aspirasi tidak harus dengan aksi unjuk rasa. Video seorang warga di Sampang, Madura, Jawa Timur, memprotes jalan rusak bergelombang menjadi viral di media sosial.

Video berdurasi 30 detik itu tersebar ke sejumlah gruop WhatsApp dan menjadi story di beberapa akun.

Tampak dalam video menunjukkan seorang warga tengah mencorat-coret jalan aspal dengan pilox. Jalan nasional yang rusak tersebut terletak di Jalan Raya Kaseran, Kecamatan Torjun.

Uniknya, mereka menuliskan slogan pemerintahan ‘Sampang Hebat Bermartabat’. Disisi barat ruas jalan juga tertulis tanda peringatan, ‘Hati2 Jalan Ambles Rusak Parah’.

Rekamam itu juga memperlihatkan warga memberikan sindiran tajam kepada Bupati H. Slamet Junaidi.

“Sampang Hebat Bermartabat, Jalan Rusak Mon Labhu Ajhelerpat,” ucap seorang warga di video itu dengan logat Madura.

Dalam terjemahan Bahasa Indonesia “Sampang Hebat Bermartabat, Jalan Rusak Kalau Jatuh Pasti Tersungkur”.

Bentuk kritikan warga tentang infrastruktur jalan rusak tersebut agar mendapat tanggapan dari pemerintah setempat. Sebab, akibat kerusakan jalan itu sering terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa demi menghindari jalan bergelombang.

Menurut Wasik warga sekitar, mengatakan aksi protes jalan rusak bertujuan untuk bisa diperhatikan oleh pihak terkait. Masyarakat sudah jenuh dengan adanya peristiwa kecelakaan bagi pengendara.

“Kadang sehari bisa tiga sampai empat kali kecelakaan akibat jalan rusak bergelombang,” ujarnya ditemui di sebuah toko dekat lokasi jalan rusak, Jumat (11/10/2019).

Sementara keterangan dari Polsek Torjun mengaku masih berupaya akan meninjau lokasi kerusakan jalan untuk memberikan keamanan bagi setiap pengendara yang melintas.

“Mau kita kroscek dulu, nanti kita akan laporkan kepada pimpinan,” singkat Bripka Yani.

Dikonfirmasi dibalik telepon, Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengaku sudah melihat video warga yang memprotes jalan rusak. Ia juga sempat mengirimkan video tersebut kepada pihak yang mempunyai kewenangan memperbaiki jalan nasional di Sampang.

“Inikan jalan nasional, kewenangan BPWS, saya sudah sampaikan video itu agar secepatnya diperbaiki, kalau jalan ini milik daerah pasti kami langsung perbaiki,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.