Sampang, (Media Madura) – Wajah bahagia dan semringah terlihat di wajah Alan Kaisan yang akan menghadiri acara pelantikan anggota DPRD Sampang periode 2019-2024, Minggu (25/8/2019) pagi.

Pria kelahiran 11 Mei 1981 ini merupakan calon legislatif Partai Gerindra Sampang yang berhasil lolos menjadi anggota dewan terpilih dengan perolehan suara 11.752 dari Dapil III.

Dua kali maju mencalonkan dengan gerbong partai yang sama, Alan Kaisan, suami Sri Jumaatin Najjah ini akhirnya kembali menjajal sengitnya pertarungan memperebutkan kursi DPRD untuk periode 2019-2024.

Meski sempat gagal pada Pileg 2014 lalu, ia pun berhasil melenggang ke parlemen hasil pemilu 2019. Bermodal kemampuan serta semangat tinggi memuluskan langkahnya menjadi wakil rakyat.

Alan Kaisan mengaku tertarik dunia politik semenjak menempuh perguruan tinggi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Madura (Unira) pada tahun 2005.

“Sejak mahasiswa sudah aktivis, pengalaman organisasi yang tidak terlupakan mulai jadi Wakil Himaba 2005, Ketua BEM FKIP 2007, sampai pernah Presiden Mahasiswa Universitas Madura (Unira) 2008,” kata Alan ditemui Media Madura usai pelantikan, Minggu siang.

Sebagai sosok organisator, pengalamannya tak henti disitu. Alan terus berlabuh menjadi aktivis jalanan. Ia sengaja berkontribusi dalam gerakan mahasiswa. Hal ini demi menyuarakan aspirasi masyarakat yang tentu tak lepas dari fungsinya sebagai agent of change dan social control.

“Ya,,, paling semasa gerakan mahasiswa yang lantang disuarakan tentang keadilan, kesenjangan sosial, hingga kepastian penegakan hukum,” ungkapnya mengenang masa-masa perjuangan.

Pada tahun 2016, ia kemudian masuk ke organisasi sosial pertanian. Jabatannya sebagai Sekretaris DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sampang masa bakti 2016-2020. Serta menduduki Wakil Ketua Pemuda Tani Jawa Timur 2017-2021.

Kiprahnya di organisasi tersebut mampu memberikan edukasi modernisasi pertanian kepada petani sekitar. Salah satunya penanaman bawang merah. Alhasil, komoditas pertanian tersebut menjadi peluang potensi usaha desa.

“Awalnya sempat gagal panen bawang, setelah terus ditekuni akhirnya sukses meningkatkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan,” tutur Alan yang juga mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Berkat seribu pengalamannya, sosok pria yang dikaruniai 2 orang anak itu berani tampil dalam kontestasi politik. Kini ia telah dilantik menjadi anggota DPRD Sampang periode 2019-2024.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.