Sapi-sapi jenis Kabupaten Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan berencana menggulirkan program baru di bidang peternakan.

Sapi yang merupakan hewan ternak unggulan di Sumenep disebut-sebut akan dibuatkan program spektakuler, yakni Inseminasi Buatan (IB) berupa satu KK (Kepala Keluarga) satu sapi.

“Ya, Insya Allah bulan Juli mendatang program spektakuler IB satu KK satu sapi ini akan kita laksanakan,” kata Kepala Disperta Sumenep, Bambang Heriyanto, Senin (17/6/2019).

Menurut Heri, program IB sangat penting demi mempertahankan populasi sapi Madura khususnya Sumenep, karena IB bentuk lain dari hibah bergulir.

“Jadi nanti setiap KK akan menerima satu sapi betina. Saat melahirkan anak sapi pertama, anak sapi akan diberikan ke KK yang lain, baru kelahiran berikutnya dan seterusnya kan dimiliki si pemilik sapi betina tadi,” jelasnya.

Untuk sementara ini, ada tiga Kecamatan yang masuk nominasi lokasi IB, yaitu Kecamatan Lenteng, Kecamatan Ganding dan Kecmatan Guluk-guluk.

“Tapi sepertinya lebih dekat ke Kecamatan Guluk-guluk (lokasi IB yang akan diputuskan. Semuanya berkaitan sedangkan kami persiapkan termasuk anggarannya,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.