Sumenep, (Media Madura) – Teknologi jaringan internet saat ini sudah berkembang pesat, jika di kota-kota di Indonesia sudah bisa merasakan layanan jaringan 4G, lain halnya warga di kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Warga di kepulauan yang terletak di kecamatan terluar yang dimiliki Kabupaten Sumenep, dan berada di tengah-tengah Pulau Kalimantan dan Madura ini bahkan belum bisa menikmati jaringan internet 2G.

Warga di pulau ini sudah banyak yang mempunyai dan menggunakan telepon pintar (smart phone), tetapi handphone tersebut menjadi tidak pintar di pulau ini karena jaringan yang tidak mendukung.

Satu-satunya jaringan internet yang bisa digunakan oleh warga yakni fasilitas wifi yang dimiliki PT Telkom dengan biaya yang relatif lebih besar dibandingkan paket data dalam setiap bulannya.

Di pulau ini sesungguhnya sudah berdiri tower Telkomsel dan tower XL di wilayah Dusun Tengah, Desa Masalima, Masalembu. Dan sudah ada kantor PT Telkom Masalembu yang terletak di Dusun Ambulung, Desa Sukajeruk. Tetapi, keberadaan dua tower tersebut tidak maksimal.

Warga Kepulauan Masalembu, Hairus mengatakan, adanya tower tersebut tidak maksimal, apalagi sebagian besar masyarakat Masalembu saat ini sudah banyak yang beralih menggunakan smart phone.

“Keberadaan tower itu tidak maksimal. Informasi jaringan Telkomsel mau dipasang 3G sudah berlangsung lama, tapi belum juga terealisasi,” katanya.

Sementara, kata dia, tower jaringan XL belum beroperasi. “Kalau misalnya jaringan XL beroperasi, mungkin jaringan akan lebih baik,” ungkapnya.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.