Bawang putih

Pamekasan, (Media Madura) – Bahan-bahan rempah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami kenaikan atau lonjakan harga menjelang bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Kenaikan yang paling dirasa adalah bawang putih. Rempah pelengkap dapur itu mengalami kenaikan dari harga Rp 30 ribu menjadi 45 ribu per kilogram. Bahkan, dua hari terakhir, kembali naik menjadi Rp 50 hingga Rp 55 ribu per kilogram.

“Tentu saja kenaikan ini sangat memberatkan warga maupun pedagang,” kata Farida (43) pedagang Pasar Duko Timur, Larangan, Minggu (28/4/2019).

Rahmawati (40) pedagang lain mengeluhkan setiap minggu ada saja kebutuhan pokok yang naik.

“Kami sebagai pedagang kadang bingung, naiknya tiba-tiba sehingga kami sering mendapat komplain dari pembali, “terangnya.

Selain bawang putih, bawang merah juga mengalami kenaikan cukup tinggi. Pada minggu yang lalu harga bawang merah dari harga Rp 25 ribu naik menjadi 45 ribu dan kemarin naik lagi menjadi Rp 50 ribu.

Semenjak ada kenaikan harga dagangannya sepi, jika hal ini terus tidak dapat ditekan dirinya khawatir pedagang akan gulung tikar.

“Kalau begini terus pembeli jadi sepi. Makanya kami mohon kepada pemerintah untuk segera menekan harga, jika tidak kami khawatir para pedagang bisa-bisa gulung tikar,“ terang Rahma.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.