Bantuan motor roda tiga yang sempat diuji coba

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman (PRKP) dan Cipta Karya menyerahkan bantuan 11 unit sepeda motor pengangkut sampah, Senin (18/3/2019). 

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edy Rasiyadi di halaman Kantor Pemkab kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di 7 desa.

Edy Rasiyadi menyampaikan dalam sambutannya, bahwa bantuan motor sampah itu ditujukan untuk mewujudkan pembangunan di sektor lingkungan agar daerah bebas dari kekumuhan. 

Oleh sebab itu, ia meminta kepada pengelola kendaran beroda tiga itu, harus memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya, supaya tercipta daerah yang bersih dan bebas sampah.

“Kami harapkan BKM dengan bantuan motor sampah menjadi penggerak masyarakat di desanya untuk menjaga kebersihan lingkungan desa dari sampah,” tutur Edy, Senin (18/3/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya, Bambang Irianto juga mengatakan, bahwa dana yang dicairkan untuk bantuan unit Motor Penganggkut Sampah (MPS) itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2018 lalu, sementara pengadaannya baru dilakukan pada tahun 2019 ini.

“Sumber dana bantuan motor penganggkut sampah ini dananya berasal dari DAK tahun 2018 dan pengadaannya dilakukan pada tahun ini sejumlah 11 unit motor,” terangnya.

Menurutnya, yang menjadi sasaran bantuan tersebut adalah Desa di Kecamatan Kota, yaitu Desa Pandian, Kebunan, dan Bangkal, serta desa yang tersebar di Kecamatan Kalianget, diantaranya Desa Marengan, Kertasada, Karang Anyar dan Desa Pinggir Papas.

“Dari tujuh desa yang mendapat bantuan itu dinilai sangat kumuh, sehingga perlu adanya pembersihan sampah yang bisa dioperasikan langsung agar desa yang rawan kumuh itu bisa secepatnya teratasi,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.