Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III

Sumenep, (Media Madura) – Masyarakat Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali gigit jari. Pasalnya, Kapal Motor (KM) Darma Bhakti Sumekar (DBS III) gagal melakukan pelayaran perdana hari ini, Selasa (5/3/2019).

Menurut Direktur Pelaksana PT Sumekar, Ahmad Zainal Arifin, kapal yang digadang-gadang kapal canggih dan tahan ombak ini rencananya akan berlayar ke Kangean, tapi gagal karena beberapa faktor.

“Sesuai jadwal, DBS III akan melayani rute transportasi dari Pelabuhan Kalianget ke Pelabuhan Batu Guluk, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, tapi gagal,” katanya.

Di antara faktor yang membuat pelayaran gagal dilakukan, adalah fasilitas KM DBS III banyak yang tidak normal, seperti mesin dan Air Conditioner (AC) mati.

“Kami (PT. Sumekar) selaku BUMD yang mengelola pelayaran tidak mau mengoperasikan hingga kondisi kapal normal kembali,” imbuhnya. 

Langkah yang diambil, lanjut Zainal, pihaknya telah berkirim surat kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dan Bupati Sumenep, A Busyro Karim yang berisi tentang pengembalian kapal yang baru di launching 31 Oktober 2018 itu.

“Demi masyarakat, ya kami kembalikan lagi ke Dishub, baru kalau masalah-masalahnya sudah selesai dan sesuai dengan standarisasi pelayaran, kami agendakan kembali untuk pelayaran,” pungkasnya. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.