Pekerja melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2019 di gedung Gor Indor Wijaya Kusuma Kota Sampang, Selasa (26/2/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menemukan puluhan lembar surat suara yang digunakan untuk Pemilu 2019 dalam keadaan rusak.

Temuan surat suara tersebut diketahui saat petugas KPU bersama 150 pekerja yang disewa melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara di gedung Gor Indor Wijaya Kusuma, Sampang.

“Sampai saat ini ada 79 lembar surat suara rusak untuk suara dewan perwakilan daerah (DPD) RI,” kata Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif di balik telepon, Selasa (26/2/2019).

Syamsul mengatakan, kerusakan itu pada umumnya karena foto calon buram, dan surat suara sobek. Surat suara yang dilipat saat ini, terdiri dari surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jatim.

“Untuk surat suara DPRD kabupaten dan Pilpres masih belum selesai,” jelasnya.

Pelipatan surat suara dilakukan sejak Sabtu (23/2) kemarin hingga 10 hari kedepan. Waktu pelipatan surat suara, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Menurutnya, atas hasil temuan surat suara yang rusak tersebut, KPU Sampang akan segera melakukan rapat pleno untuk meminta ganti dan melaporkannya ke KPU Jatim.

Syamsul menambahkan, jumlah surat suara yang dibutuhkan untuk pemilu 17 April mendatang sebanyak 839.263 per pemilihan. Pemilu kali ini, jumlahnya sebanyak 5 kali. Jadi, total surat suara untuk sampang 4.196.315 lembar.

“Jumlah itu sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak 2 persen, kami juga akan menerima surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU), setiap pemilihan jatahnya sebanyak 1000 surat suara,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.