Bupati menerima penghargaan SAKIP dari KemenPAN-RB RI

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali meraih prestasi, kembali penghargaan atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018.

SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas yang bertujuan mengukur serta mengumpulkan data, pelaporan kinerja pemerintah untuk pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) usai melalui proses penilaian.

Penyerahan piagam perhargaan atas akuntabilitas kinerja tahun 2018 diterima Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dari Menteri MenPAN-RB, Syafrudin di Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2/2019) kemarin.

Bupati Sumenep mengatakan, penilaian SAKIP tahun 2018 dengan nilai B membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep telah melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas kinerja birokrasi.

“Raihan penghargaan itu menjadi tolak ukur jika kami (Pemkab Sumenep) bekerja dengan baik, namun yang jelas kami terus berusaha melakukan perbaikan untuk membenahi yang belum tercapai secara maksimal dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi,” ujarnya, Kamis (7/2/2019).

Bupati dua periode ini mengatakan, SAKIP tahun 2018 tidak lepas dari peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi anggaran.

Ia mengharapkan, penghargaan itu bisa meningkatkan kinerja birokrasi di Kabupaten Sumenep dengan menciptakan kerja berbasis kinerja. Sebab, semakin baik SAKIP di masing-masing instansi tentu saja penggunaan anggaran lebih efektif untuk mencapai pembangunan.

“Yang jelas, kami belum puas, kami ingin SAKIP 2019 kita mendapat nilai BB, dan target nilai itu tidak bisa ditawar. Untuk mencapai nilai BB hanya kurang nilai 1,8 saja sehingga semua jajaran di Pemerintah Kabupaten Sumenep harus semakin meningkatkan kualitas kinerjanya,” pungkasnya.

Reporter : Rosy

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.