Surabaya – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) semakin menguat sebagai calon konstituen Dewan Pers. Organisasi media siber yang berdiri 2017 lalu itu, kini memasuki tahap verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Kamis (07/02/2018), giliran pengurus wilayah Provinsi Jawa Timur yang diverifikasi.

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo langsung hadir bersama anggota Dewan Pers Ratna Komala dan Jimmy Silalahi. Ketiganya melakukan verifikasi langsung ke Sekretariat AMSI Jawa Timur di Jalan Ciliwung 65 Surabaya di sela-sela gelaran Hari Pers Nasional.

Dewan Pers menekankan agar media siber di bawah AMSI dapat memenuhi berbagai persyaratan yang menjadi konsen Dewan Pers. Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional.

Dalam verifikasi faktual, Dewan Pers meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Jawa Timur, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit. Terkait organisasi AMSI, Yosep Adi Prasetyo juga menanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir. “Kelihatannya semua sudah lengkap, verifikasi sudah cukup,” kata Yosep Adi Prasetyo sembari melihat fasilitas kantor.

“Puji syukur, verifikasi AMSI Jawa Timur oleh Dewan Pers sudah selesai dilakukan hari ini. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab,” kata Arief Rahman Ketua AMSI Jawa Timur.

AMSI Jawa Timur, sejak dibentuk Oktober 2017 telah mempunyai 26 anggota media siber. Media anggota AMSI Jawa Timur ini merupakan media mainstream dan terpercaya di Jawa Timur. Antara lain: Jawapos.com, Surya.co.id, Tribunjatim.com, Beritajatim.com, Suarasurabaya.net, Timesindonesia.co.id, Lensaindonesia.com, Pojokpitu.com, Jatimnow.com, Beritabojonegoro.com, Wartabromo.com, Kabarbisnis.com, Seruji.co.id, Mediamadura.com, Faktualnews.co, Kabarpas.com, Bangsaonline.com, Siagaindonesia.com, Portalmadura.com, Maduracorner.com, BlokTuban.com, BlokBojonegoro.com, Josstoday.com, Kabartuban.com, Suarabanyuurip.com, dan NUkita.id.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.