Bupati Sampang Slamet Junaidi menemui pasien di ruang Dahlia 4 penyakit dalam RSUD, Kamis (7/2/2019) pukul 09.30 WIB. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Bupati Sampang Slamet Junaidi melakukan inspeksi mendadak pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Zyn Jalan Rajawali Kota Sampang, Kamis (7/2/2019).

Sidak itu dilakukan untuk mengetahui secara langsung tindak lanjut kinerja rumah sakit setelah Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat sidak beberapa hari lalu.

“Saya melihat rumah sakit ini perlu penanganan khusus, terutama dalam hal kebersihan, pada waktu dibuka (toilet-red) tadi bau bangkai,” ujar Slamet Junaidi, Kamis (7/2/2019).

Saat sidak, Bupati dibuat geleng kepala melihat kondisi rumah sakit yang kumuh lantaran kurangnya memperhatikan kebersihan. Seperti terlihat di ruangan pasien dan tempat toilet.

Tak hanya itu, Bupati juga menemukan pelayanan rumah sakit yang masih amburadul, serta kurang maksimalnya perawat maupun petugas medis dalam mengontrol kondisi pasien.

Slamet meminta pihak rumah sakit segera membenahi sistem pelayanan dan fasilitas demi kenyamanan pasien. Maka itu, dia memberi batas waktu hingga dua minggu kedepan.

“Saya minta sama Direktur RSUD dr Mohammad Zyn sudahi konflik interest dan bertanggung jawab benahi persoalan ini, harus punya progres dan konsep kedepan, insyaallah kita sidak lagi meski tengah malam nanti,” ujarnya.

Kendati demikian, Bupati Sampang belum bisa memastikan apakah perlu perombakan managemen rumah sakit. Terpenting yang menjadi prioritas soal pelayanan masyarakat.

“Kita lihat saja nanti, saya tidak mau manajemen rumah sakit ada duri dalam tubuh, karena manajemen bagian organ kita, ketika organ tubuh sakit pasti sakit seluruh badan kalau perlu kita amputasi, paham kan,” sindirnya.

“Saya gak mau dengan orang-orang yang cari muka, saya melihat kinerja prestasi dan baru akan diprioritaskan,” tegasnya.

Menanggapi itu, Direktur RSUD dr Mohammad Zyn Titin Hamidah mengaku terus berupaya membenahi persoalan tersebut.

“Apa yang menjadi masukan pak bupati kita akan tindaklanjuti segera, semua butuh proses,” kata Titin singkat.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.