Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Penderita penyakit Kusta di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meningkat. Hingga bulan Desember 2018, tercatat ada 368 penderita yang berhasil diinventarisir oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pamekasan, Ali Maksum mengatakan, setelah dikalkulasi secara keseluruhan dalam dua tahun terakhir berjumlah 368 penderita. Sedangkan jumlah penyakit menular baru pada tahun 2018 ditemukan sebanyak 73 penderita.

“Banyaknya penderita karena pada tahun sebelumnya pengobatannya tidak tuntas,” katanya, Rabu (6/2/2019).

Ditambahkan oleh pria yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pecegahan dan Pengendalian Penyakit, pihaknya akan berupaya melakukan pengobatan secara intensif terhadap para penderita itu, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kami punya rencana untuk mengeliminasi, bukan bebas kusta. Artinya, untuk mengurangi sekecil- kecilnya. Kita bukan tidak berupaya agar Pamekasan bebas kusta,” tambahnya.

Saat ditanya anggaran, Ali Maksum enggan memaparkan berapa anggaran untuk pengobatan kusta tersebut dengan alasan tidak memegang data.

Penyakit Kusta atau lepra disebut juga Penyakit Hansen atau Penyakit Morbus Hansen, penyakit ini adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang sebelumnya, diketahui hanya disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, yang menyebabkan endemik sejenis kusta.

Sedangkan bakteri Mycobacterium leprae ditemukan oleh seorang ilmuwan Norwegia bernama Gerhard Henrik Armauer Hansen pada tahun 1873 sebagai patogen yang menyebabkan penyakit yang telah lama dikenal sebagai lepra.

Saat ini penyakit lepra lebih disebut sebagai penyakit Hansen, bukan hanya untuk menghargai jerih payah penemunya, melainkan juga karena kata leprosy dan leper mempunyai konotasi yang begitu negatif, sehingga penamaan yang netral lebih diterapkan untuk mengurangi stigma sosial yang tak seharusnya diderita oleh pasien kusta.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.