Gelar Festival Topeng Dalang 

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disaprbudpora) menggelar Festival Topeng Dalang.

Festival Topeng Dalang sebagai rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018, dijadwalkan selama 2 hari, Jumat-Sabu, (7-8/9/2018) malam di areal Lapangan Giling Kecamatan Kota Sumenep.

Kadisparbudpora Sumenep, Sufiyanto mengatakan, gelaran Festival Topeng Dalang adalah untuk memberikan ruang kreatifitas pelaku topeng dalang sebagai kesenian lokal masyarakat, juga sebagai upaya pelestarian salah satu budaya klasik.

“Kesenian dan budaya topeng dalang jangan sampai hanya tinggal catatan sejarah, jangan sampai tergerus globalisasi. Sehingga, dengan festival itu memupuk kembali gairah pelaku seni topeng dalang di Kabupaten Sumenep,” tegasnya.

Sofi juga mengungkapkan, melalui Festival Topeng Dalang lahir regenerasi pelaku kesenian topeng dalang, agar terus berkembang dan terus maju, bahkan kesenian topeng dalang kembali berjaya di tingkat dunia seperti beberapa tahun lalu.

“Kami bertekad membawa topeng dalang Sumenep berjaya kembali dengan tampil di tingkat dunia seperti pada tahun 1980-an semisal Eropa, Amerika, Belgia, Belanda, Jepang dan Jerman,” imbuhnya.

Sofi menambahkan, digelar di Lapangan Giling sebagai bagian dari wujud bahwa kegiatan Visit Sumenep 2018, selain sebagai atraksi wisata untuk mempromosikan potensi wisata, juga untuk memberikan dampak ekonomi kepada Pedagang Kreatif Lapangan (PKL).

“Pemerintah Daerah menghendaki setiap even Sumenep memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. Sebab kegiatan wisata itu ujung-ujungnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha kreatifnya di sektor pariwisata,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.