Pamekasan, (Media Madura) – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura terus berupaya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kulitas guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) di wilayah itu dengan menggelar berbagai pelatihan.

Salah satunya dengan menggelar Pelatihan Penilaian Kurikulum 2013 bagi Guru-Guru MI dan SD se Pamekasan yang diselenggarakan oleh Prodi Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28-30 Agustus di Aula mini Jurusan Tarbiyah. Pelatihan ini akan memberikan wawasan dan keterampilan bagi guru-guru dalam memahami penilaian kurikulum 2013.

Selama tiga hari para peserta akan dipandu oleh tim trainer dari Kualitas Pendidikan Indonesia, yaitu Vevy Wahyu Sintawati, Ahmad Muamar, Muhammad Farid. Kegiatan ini adalah kerjasama lanjutan antara Yayasan Dana Sosial al Falah Surabaya, Kualita Pendidikan Indonesia, dan Prodi PGMI IAIN Madura. Peserta pelatihan ini sebanyak 50 orang dari 20 lembaga MI dan SD sekabupaten Pamekasan.

Dalam pembukaannya Rektor IAIN Madura, Muhammad Kosim, berharap agar para peserta bisa meningkatan empat kompetensi guru, yaitu kompetensi profesional, personal, pedagogik, dan sosial. Selain itu dia berharap agar para guru menjadikan kegiatan mengajar sebagai bagian dari ibadah.

“Mari jadikan aktivitas mengajar itu bagian dari ibadah. Dan guru itu harus mempunyai empat kompetensi, yaitu kompetensi profesional, personal, pedagogik, dan sosial,” kayanya dalam sambutannya.

Pelaksana tugas sekretaris Jurusan dan pelaksana tugas Ketua Prodi PGMI, Mohammad Thoha, berharap prodi PGMI dapat ikut mengembangkan pendidikan dasar di Madura serta kegiatan pelatihan dengan KPI ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Hadir dalam acara ini, Kasi PD Pontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, Kusmanto dan Ketua Juruan Tarbiyah, Edi Susanto.

Kegiatan pembukaan dimeriahkan oleh tarian tradisional Madura dengan tema “Tari anak terak bulan” dari persembahan terbaik karya mahasiswa pada mata kuliah Seni Budaya dan Prakarya.

Rilis

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.