Narapidana (Foto: Ryan Hariyanto/MM)

Pamekasan, (Media Madura) – Sebanyak 489 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018.

Kepala Lapas Klas II A Pamekasan, MH. Latief Safiuddin mengatakan, jumlah napi sebanyak itu telah diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI dan berharap Surat Keterangan (SK) turun sebelum 17 Agustus.

“Dari 489 napi yang disetujui, mereka mendapat remisi berbeda-beda,” katanya, Senin (13/8/2018).

Rinciannya, tambah Latief, 71 orang memdapat potongan satu bulan, potongan dua bulan 133 orang, potongan tiga bulan 166 orang, potongan empat bulan 85 orang, potongan lima bulan 26 orang dan potongan enam bulan 8 orang, jumlahnya 489 orang.

“Para warga binaan yang mendapat remisi akan diberikan pada tanggal 17 Agustus setelah selesai upacara Kemerdekaan,” tambahnya.

Remisi tersebut diberikan kepada mereka yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, dan selama enam bulan berturut-turut berkelakuan baik. Yakni, tidak melakukan pelanggaran di dalam lapas.

“Nanti akan diberikan secara simbolis kepada napi di Pendopo Pamekasan. Jadi, kita yang datang ke Pendopo,“ pungkas Latief.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.