Sejumlah siswa di Sampang yang menggelar latihan gerak jalan, Rabu (1/8/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sampang AKP Musa Bakhtiar, menghimbau pihak sekolah tidak mengajak para siswa untuk latihan gerak jalan di kawasan jalan raya. Sebab, selain membahayakan para pengendara, kegiatan latihan gerak jalan di jalan raya dapat mengancam keselamatan siswa dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

“Latihan gerak jalan di jalan raya secara aturan tidak ada larangan, namun harus memperhatikan faktor keselamatan diri dan pengguna jalan lain,” ungkap Musa mewakili Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman, Rabu (1/8/2018).

Dijelaskan Musa, manakala memang terpaksa ingin mengadakan latihan gerak jalan di jalan raya harus memperhatikan waktu. Terutama tidak melakukan latihan disaat padatny arus lalu lintas.

“Harus memilih lokasi atau jalan yang tergolong aman dan terkendali, tidak menyebabkan Kemacetan,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Achmad Mawardi, mengaku sudah melayangkan surat edaran ke sejumlah lembaga sekolah untuk tidak mengelar latihan gerak jalan di jalan raya. Hal itu searah dengan penilaian pihak kepolisian yakni untuk keselamatan dan kenyamanan peserta didik.

“Proses latihan gerak jalan dapat dilaksanakan di halaman sekolah atau jalan kampung bukan di jalan raya dan yang takalah penting latihan harus digelar diluar jam pelajaran,” singkatnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.