Uji kelayakan angkutan umum menjelang mudik lebaran

Sumenep, (Mredia Madura) – Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengecek sejumlah kendaraan angkutan umum.

Pemeriksaan meliputi kondisi ban, memastikan tidak gundul, lalu kondisi lampu, wiper, dan kelengkapan lain seperti palu pemecah kaca untuk kondisi darurat.

Pantauan mediamadura.com di lokasi, dalam pengecekan tersebut, Dishub menjaring 3 kendaraan. Dan satu di antaranya ada yang tidak laik beroperasi.

Kadishub Sumenep, Sustono mengatakan, selain melakukan pengecekan armada, Dishub juga bekerjasama dengan BNNK Sumenep melakukan tes urin kepada pengemudi bus.

“Hari ini kita kerjasama dengan Polres, BNNK, untuk melakukan uji kelaikan kendaraan mudik lebaran, dan juga dilakukan tes urin untuk memastikan sopir tidak menggunakan narkoba,” ujarnya.

Kata Sustono, secara keseluruhan kondisi kelaikan bus baik, tapi ada kendaraan yang tidak menyala lampu letingnya, terpaksa ditunda pemberangkatannya, sedangkan 2 kendaraan sudah lengkap. 

“Tadi juga ada beberapa yang masih belum lengkap, salah satunya ada alat pemadam kebakaran belum ada isinya, dan P3K masih belum dilengkapi. Sedangkan segitiga pengaman sudah lengkap,” paparnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.