Pamekasan, (Media Madura) – Warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dilarang menyembelih atau memotong sapi betina yang masih produktif atau masih masa subur menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Pamekasan, Bambang Prayogi, larangan itu sudah dilakukan oleh instansinya dengan menurunkan petugas untuk memberikan pemahaman ke warga Bumi Gerbang Salam.

“Sosialisasi mengenai larangan penyembelihan sapi betina produktif telah dilakukan secara maksimal. Petugas diturunkan untuk memberikan pemahaman,” katanya, Kamis (31/5/2018).

Bambang menambahkan, menjelang Lebaran tahun ini, sosialisasi itu akan kembali berlangsung. Bahkan pemeriksaan terhadap hewan di pasar hewan juga dilakukan.

“Nanti akan turun lapangan untuk memberitahukan parabtukang potong hewan dan melakukan pemeriksaan ke pasar-pasar,” tambahnya.

Tujuan pemerikasaan hewan ternak siap potong itu untuk memberikan jaminan bahwa daging yang dikonsumsi masyarakat bebas penyakit.

Reporter : Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.