Foto: Antara/Fikri Yusuf

Media Madura – Untuk beberapa orang, liburan ke luar negeri mungkin masuk ke dalam bucket list. Berlibur ke tempat baru akan memberikan pengalaman baru, menambah wawasan, dan juga teman baru. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi keluar negeri, salah satunya adalah menentukan maskapai penerbangan yang sesuai dengan budget dan negara tujuan.

Bila hendak berlibur ke negara-negara Eropa, ada baiknya menggunkan maskapai yang berbasis disana seperti KLM Royal Dutch Airlines. Selain lebih berpengalaman, KLM telah membuktikan kemampuannya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk rute Indonesi-Eropa dan sebaliknya. Maskapai ini didirikan pada tahun 1919 dan merupakan maskapai tertua di dunia. Tentunya sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang sangat tinggi.

Masih banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke luar negeri, diantaranya:

1. Visa

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai pengurusan visa ke negara tujuan. Mengunjungi situs resmi, datang langsung atau via telepon ke kedutaan besar negara yang dituju. Bila ingin lebih mudah, coba untuk mendatangi agen perjalanan wisata resmi yang melayani pengurusan visa.

2. Paspor
Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintah sebagai identitas pemegangnya, dokumen penting selain visa yang menjadi syarat masuk ke negara lain. Untuk mengurus paspor dapat mendaftar via online atau langsung datang ke kantor imigrasi. Pastikan datang pagi hari, karena pasti akan mengantre.

Jangan lupa untuk menyiapkan salinan paspor baik dalam bentuk fisik maupun digital untuk berjaga-jaga jika paspor hilang atau dicuri.

3. Membeli Tiket Pesawat

Menjadi member salah satu penjualan tiket online akan menjadi poin plus karena kamu bisa mendapatkan informasi mengenai harga pesawat yang sedang dijual murah. Biasanya penerbangan ke luar negeri membutuhkan dana yang cukup besar, terutama ke negara-negara di Eropa dan Amerika. Pastikan maskapai yang kamu pilih memiliki reputasi baik seperti KLM. Menyiapkan tiket pulang juga menjadi persyaratan untuk mengajukan visa.

4. Memesan Penginapan

Pastikan sudah menentukan tempat yang akan menjadi tempat tinggal selama di negara tujuan. Bisa hotel, penginapan, karena hal ini juga biasanya ditanyakan saat dibagian imigrasi.

5. Lakukan vaksin untuk melindungi diri
Ada beberapa negara yang mewajibkan pengunjungnya untuk melakukan vaksin untuk menghindari dari beberapa penyakit menular. Cari tahu secara pasti apakah negara yang akan dikunjungi mewajibkan hal ini atau tidak.

6. Kurs Mata Uang
Siapkan mata uang negara setempat, untuk memudahkan tukarkan terlebih dahulu mata uang rupiah ke dollar yang bisa ditukarkan nanti di negara tujuan. Pastikan juga kamu memiliki uang koin atau pecahan kecil mata uang lokal untuk membayar taxi, bus ataupun untuk memberikan uang tip.

7. Asuransi Perjalanan

Meski terdengar sepele, namun asuransi perjalanan akan sangat berguna, bahkan ada negara yang mewajibkan pengunjung untuk memiliki asuransi perjalanan dalam pengurusan visanya. Ada banyak penyedia asuransi perjalanan yang juga bisa dibeli secara online.

8. Pelajari Bahasa Lokal

Pelajari sedikit Bahasa lokal negara tujuan untuk memudahkan komunikasi, misalnya saja cara bertransaksi jual beli dalam Bahasa setempat, pengucapan salam dan bertanya arah. Bila fasih, bisa saja mendapat harga lebih murah, terutama jika berbelanja di pasar tradisional.

Bila semua hal tadi sudah dipersiapkan, tinggal menjaga kesehatan agar perjalanan selama di luar negeri tetap nyaman. Pastinya tetap waspada saat berada di luar negeri dan pahami sedikit kejahatan-kejahatan yang menargetkan pendatang di negara tujuan.

Reporter : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.