Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Hamzah memantau langsung pelipatan SS Pilgub Jatim di gudang KPU, Senin (21/5/2018).

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menemukan sebanyak 107 surat suara (SS) pemilihan kepala daearah (Pilkada) serentak 2018 mendatang rusak.

Komisioner KPU Pamekasan, Syamsul Muarif mengatakan dari total 700 boks dengan jumlah total surat suara 698.173 untuk Pilgub Jatim dan sebanyak 700.173 lembar surat suara pilbub Pamekasan dengan total keseluruhan 1.398.346 lembar itu menemukan 107 lembar rusak, temuan itu setelah dilakukan pemilihan.

“Sebanyak 107 lembar surat suara yang rusak ini setelah kami melakukan pemilahan dan pelipatan,” katanya, Senin (28/5/2018).

Jumlah tersebut tambah Syamsul, meliputi 14 lembar surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Pamekasan, dan sebanyak 93 lembar surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim.

“Surat suara yang rusak itu meliputi, kertas kusut, warna memudar bahkan ada sobek, sehingga tidak bisa digunakan,” tambahnya.

Kerusakan tersebut tidak menjadi kendala berarti, sebab terdapat surat suara cadangan yang disiapkan sebanyak 2,5 persen dari jumlah total surat suara.

Sebanyak 700.173 lembar surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan, serta sebanyak 698.173 lembar surat suara pasangan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018.

Pilkada di Kabupaten Pamekasan diiukuti dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Masing-masing pasangan Badrut Tamam dan Raja’e (Berbaur) serta pasangan calon KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah).

Kedua pasangan tersebut masing-masing didukung empat partai politik (parpol) berbeda, Berbaur diusung dan didukung PAN, Partai Gerindra, PKB dan PKS. Sedangkan paslon Kholifah didukung empat parpol lainnya, meliputi Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem dan PPP.

Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 mendatang diikuti oleh dua pasang Calon, nomor 1 pasangan calon (Paslon) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sedangkan paslon nomor urut 2 Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Sedangkan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Pamekasan, akan diikuti oleh dua pasang calon, yakni nomor urut 1 Dr KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dan nomor urut 2 Baddrut Tamam-Raja’e (Berbaur).

Jumlah DPT sebanyak 680.392 itu, terdiri dari 382.430 DPT laki-laki dan sebanyak 351.962 DPT perempuan yang tersebar di 1.583 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.