Sejumlah gepeng diamankan Satpol PP

Pamekasan (Media Madura) – Meski sudah sering dilakukan razia oleh tim gabungan, namun gelandangan dan pengemis (gepeng), masih tetap banyak berkeliaran di berbagai ruas jalan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

“Razia gepeng hari ini kita berhasil menangkap 3 orang. Padahal, baru hari Jumat kemarin kami melakukan razia tapi tetap saja selalu ada,” terang Kabag Ops Satpol PP Pamekasan Yusuf,” Senin (28/5/2018).

Menurutnya, ketiga gepeng yang berhasil mereka tangkap kali ini belum pernah terjaring razia sebelumnya. Jadi, untuk kali ini mereka didata dulu terus pulangkan ke kecamatan maasing-masing serta diberi imbauan agar tidak kembali ke jalanan atau meminta-minta.

“Kita data dulu lalu kita pulangkan. Kalau nanti mereka terjaring razia kembali akan kita kirim ke Surabaya agar mendapat pembinaan di sana selama enam bulan,” imbuhnya.

Razia kali ini sudah keempat kalinya yang dilakukan oleh tim gabungan. “Ini sudah yang keempat kalinya kita melakukan razia seperti ini. Bahkan tadi kami sempat kejar-kejaran dengan mereka. Karena ketika melihat petugas Satpol PPn gepeng ini langsung kabur,” tambahnya.

Menurut Yusuf alasan gepeng ini sering meminta-minta beragam tapi yang paling banyak karena dari faktor ekonomi keluarga.

“Ada yang beralasan karena ingin membantu cucunya buat biaya kuliah sedangkan orang tuanya tidak bekerja. Ada juga yang beralasan karena mereka ingin tetap bertahan hidup dan hanya dengan cara mengemis mereka bisa mencari makan,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.