Ratusan tenaga kerja melakukan pelipatan surat suara Pilkada serentak 2018 Jawa Timur di Gedung Gor Indoor Jalan Wijaya Kusuma Kota Sampang, Selasa (22/5/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan pelipatan dan menyortir surat suara Pilkada Jawa Timur dan Pilkada Sampang sebanyak 1.648.214 lembar dengan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 803.499 pemilih.

“Jumlah surat suara yang disediakan sebanyak jumlah DPT ditambah 2.5 persen dan cadangan Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2000 surat suara sebagai antisipasi, maka akan diperoleh angka 824.107 surat suara,” ujar Divisi Logistik KPU Kabupaten Sampang Faidi Jauhari, Selasa (22/5/2018).

Pelipatan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur itu berlangsung sejak Minggu (20/5) kemarin di Gedung Gor Indoor Jalan Wijaya Kusuma Kota Sampang.

KPU melibatkan sekitar 267 orang tenaga kerja dalam pelipatan sebanyak 1.648.214 lembar surat suara dengan honor Rp 100 rupiah per lembar. Pelipatan surat suara tersebut ditargetkan selesai dalam seminggu.

Faidi mengatakan, dalam pelipatan surat suara terbuka untuk disaksikan oleh tim kampanye masing-masing paslon Pilkada Sampang dan Pilkada Jatim. Termasuk proses itu dijaga ketat aparat keamanan.

“Kalau tim kampanye Pilbup Sampang hadir semua kecuali dari tim kampanye Pilgub Jatim tidak hadir,” ucapnya.

Selain itu, hingga kini pihaknya sudah menemukan surat suara yang rusak seperti tulisan buram. Hal ini akan dibuatkan berita acara agar segera mendapatkan surat suara pengganti ke perusahaan percetakan yang ditunjuk.

“Tapi soal jumlahnya akan diakumulasi lagi nanti,” pungkasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.