Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai melakukan pelipatan surat suara (SS) di gudang penyimpanan logislatik milik KPU di Jalan Pintu Gerbang.

Sebanyak 1.398.346 lembar SS akan digunakan untuk Pilkada Serentak 2018, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pamekasan 27 Juni mendatang.

“Kita dari kemarin sudah melakukan pelipatan surat suara serta menyeleksi (surat suara) yang rusak,” kata Komisioner KPU Pamekasan Moh Syamsul Muarif, Selasa (22/5/2018).

Pelipatan SS dilakukan oleh 20 pekerja lipat. Rencananya berlangsung selama empat hari hingga satu minggu kedepan.

“Surat suara ini dikirim oleh KPU pusat dan masih dalam keadaan tersegel, jadi apabila peserta pekerja lipat menemukan kertas surat suara rusak atau robek, maka kertas yang tersebut disisihkan saja dan jangan dikumpulkan atau dilipat,” tambah Syamsul.

Dijelaskan, dalam pengerjaan pelipatan SS mendapat pengamanan ketat dari Kepolisian Resor (Polres) setempat, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dalam pengamana itu selain menerjunkan personel polisi berpakaian seragam, juga menerjunkan dua personel polisi berpakaian premen.

“Pola pengamanan dengan sitem terbuka dan tertutup ini dimaksudkan agar pengamanan lebih maksimal, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi,” tambah Syamsul.

Menurut Syamsul Muarif, jumlah surat suara yang diterima KPU Pamekasan, sebanyak 700 box dengan jumlah total surat suara 698.173 untuk Pilgub Jatim dan sebanyak 700.173 lembar surat suara pilbub Pamekasan dengan total keseluruhan 1.398.346.

“Pemilahan surat suara ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya surat suara yang rusak,” tutur Syamsul.

Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 mendatang diikuti oleh dua pasang Calon, nomor 1 pasangan calon (Paslon) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sedangkan paslon nomor urut 2 Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Sedangkan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Pamekasan, akan diikuti oleh dua pasang calon, yakni nomor urut 1 Dr KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dan nomor urut 2 Baddrut Tamam-Raja’e (Berbaur).

Jumlah DPT sebanyak 680.392 itu, terdiri dari 382.430 DPT laki-laki dan sebanyak 351.962 DPT perempuan yang tersebar di 1.583 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.