Pamekasan, (Media Madura) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Muhammad Hamzah menginginkan, debat kandidat Pasangan Calon Bupati Maupun Calon Wakil Bupati Pamekasan putaran kedua, harus lebih bagus dibandingkan dengan putaran pertama. Bahkan, ia menginginkan tidak ada kesalahan fatal pada debat kandidat putaran kedua yang akan digelar malam ini.

Menurut Muhammad Hamzah, ada beberapa skema yang tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan antara KPU dengan pihak penyelenggara debat putaran Pertama. Diantaranya, tema yang dilemparkan moderator kepada masing-masing pasalon berbeda dengan hasil kesepakatan antara KPU pasalon dan penyelenggara debat.

Masih Menurut Hamzah, masalah lain yang timbul pada debat putaran pertama ialah pada susunan acara yang berjalan tidak sesuai dengan kesepakatan KPU. Termasuk, posisi paslon, pendukung dan Forpimda kurang pas.

Hamzah mengakui, KPU sudah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap debat putaran pertama. Dan ia berharap, agar debat putaran kedua berjalan secara sistematis dan sesuai dengan kesepatan yang sudah dibangun sebelumnya, termasuk menghindari kesalahan yang menimbulkan publik Pamekasan kecewa terhadap pelaksanaan debat kandidat.

“Ada beberapa kesepakan yang belum berjalan dengan baik, pada debat putaran pertama. Salah satu yang fatal ialah tema yang dilemparkan moderator, tidak sesuai dengan kesepakatan KPU dengan penyelenggara sebelumnya,” Ungkapnya.

Hamzah melanjutkan, pada debat putaran kedua ini, tidak ada aturan main yang berubah. Hanya saja, berdasarkan usulan tim pemenangan, ada tambahan pendukung yang masuk ke ruangan debat ditambah. Jika sebelumnya hanya 50 orang pendukung yang boleh masuk, pada debat putaran kedua ditambah menjadi 100 orang pendukung, yang diperkenankan masuk ke ruangan debat.

Debat putaran kedua ini akan dilaksanakan Senin (07/04/2018) malam. Dipusatkan di salah satu Hotel Jalan Raya Pamekasan-Sumenep. Tema yang diusung dalam debat ini yakni seputar Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan.

Reporter : Afa
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.