Pamekasan, (Media Madura) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-23.

UKW ini merupakan hasil kerjasama antara PWI Jatim dengan Bank Mayapada, dengan mengusung tema, “Menjadikan wartawan lebih profesional, kompeten, dan berintegritas”.

Sebelumnya, program UKW angkatan ke-19 dan angkatan ke-21 juga terselenggara berkat kerjasama dengan korporasi bank nasional tersebut.

Pelaksanaan UKW berlangsung selama dua hari, Jumat (27/4/2018) dan Sabtu (28/4/2017) di kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya.

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir mengatakan, UKW angkatan ke-23 yang digelar PWI Jatim diikuti oleh 56 orang peserta, yang berasal dari perwakilan berbagai media massa nasional, regional, dan lokal yang ada di Provinsi Jatim. Baik media cetak, elektronik, maupun online.

Selain itu, peserta juga berasal dari perwakilan PWI Jatim yang ada di kabupaten/kota. Terutama yang anggotanya belum banyak mengikuti UKW.

“Kepesertaan UKW ini benar-benar mempertimbangkan asas pemerataan,” ujarnya, Kamis (26/4/2018), didampingi Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim Ainur Rohim.

Dari 56 orang peserta yang ikut UKW PWI Jatim angkatan ke-23, akan dibagi menjadi delapan kelas. Yaitu, lima kelas untuk UKW kelas muda, dua untuk kelas madya, dan satu untuk UKW kelas utama. Tiap kelas berisi tujuh wartawan atau peserta.

Menurut Munir, PWI Jatim terus menerus menggelar kegiatan UKW merupakan wujud nyata dari komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas, serta moralitas wartawan.

Modal ini dinilai sangat penting seiring dengan makin beratnya tugas dan tantangan wartawan di era keterbukaan, perkembangan teknologi, dan bombardir informasi terutama informasi hoaks lewat sosial.

“Selain itu, tanpa kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas yang tangguh, tentu akan sulit bagi wartawan bisa terus menjaga marwah profesi yang luhur dan mulia ini tetap menjadi pilar keempat demokrasi sesuai dengan tuntutan jaman,” tegas Munir.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim Ainur Rohim menambahkan, dengan terus menerus digelarnya program UKW oleh PWI Jatim, pihaknya berharap dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan wartawan.

“Ini sangat penting, karena UKW itu merupakan standart baku kompetensi teknis seorang wartawan,” jelasnya.

Hal terpenting lainnya, dengan mengikuti UKW, wartawan akan mengetahui kode etik profesi dan harus mematuhinya dalam menjalankan tugas kewartawanan.

Seiring saat ini mulai memasuki tahun politik, Ainur mengingatkan agar para wartawan menjauhi hoaks. Jika mendapatkan informasi apapun, harus di cek dan ricek serta diverifikasi terlebih dahulu kebenarannya.

“Jurnalisme verifikasi ini sangat penting. Karena inilah yang jadi pembeda,” tandasnya.

Khusus bagi peserta yang mengikuti UKW angkatan ke-23 yang digelar PWI Jatim, pihaknya minta semuanya sudah datang di lokasi ujian, Jumat (27/4/2018) pada pukul 10.00 WIB, dengan persiapan membawa laptop atau perangkat lain yang dibutuhkan selama dua hari pelaksanaan UKW.

Sementara itu, ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menuturkan, pihaknya akan mengikutkan anggotanya untuk mengikuti UKW yang digelar oleh PWI Jawa Timur tersebut.

“Kita juga akan mengirimkan anggota yang belum mengikuti UKW untuk ikut,” katanya kepada media ini. Kamis (26/04/2018) siang.

Seperti diketahui, hampir seluruh anggota PWI Pamekasan sudah mengikuti UKW dan dinyatakan lulus oleh Dewan Pers. Berikut daftar nama anggota PWI Pamekasan yang telah dinyatakan lulus UKW.

1). MUCHSIN, Koran Harian SURYA Mengikuti dan lulus UKW pada 9-10 Mei 2014 angkatan ke-8 PWI Jatim.

2) ABD AZIZ, Perum LKBN Antara Biro Jawa Timur, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Jatim di Kabupaten Gresek Angkatan IV pada 25-26 Januari 2014.

3). ROFIKI TANZIEL, Radio KARIMATA FM, Lulus Uji Kompetensi Wartawan pada 20 Desember 2014 pada UKW Angkatan ke-9 PWI Jatim yang digelar di Kabupaten Mojokerto.

4). DEDY PRIYANTO, RCTI, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 20 Desember 2014 di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada UKW Angkatan Ke-9 yang digelar PWI Jawa Timur.

5). LUTFI, Radio MADURA FM, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Jawa Timur di Kabupaten Mojokerto, angkatan ke-9 pada 20 Desember 2014.

6). ESA ARIF AS, MediaMadura.Com, Lulus Uji Kompetensi Wartawan pada 20 Desember 2014 di Kabupaten Mojokerto pada UKW Angkatan Ke-9 yang digelar PWI Jawa Timur.

7). ACH SHOLEH, JTV Jawa Post Group Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 Januari 2014 dalam pelaksanaan UKW yang digelar PWI Jatim di Kabupaten Gresik.

8). HAIRUL ANAM, Koran Harian KABAR MADURA, Lulus Uji Kompetensi (UKW) pada 15 November 2015 yang digelar PWI Jatim di Sarangan, Magetan pada Angkatan Ke-14.

9). SAMSUL ARIFIN, BeritaJatim.com, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 Januari 2014 dalam pelaksanaan UKW yang digelar PWI Jatim di Kabupaten Gresik.

10). SUHIL QODRI, Radio KARIMATA FM, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 12 Desember 2015 dalam uji kompotensi Angkatan XIV yang digelar PWI Jawa Timur di Surabaya.

11). ZAINOL ATIKURRAHMAN, MediaMadura.Com Lulus Uji Kompetensi (UKW) pada 15 November 2015 yang digelar PWI Jatim di Sarangan, Magetan pada Angkatan Ke-14.

12). MARZUKY, PortalMadura.Com, Lulus Uji Kompetensi (UKW) pada 15 November 2015 yang digelar PWI Jatim di Sarangan, Magetan pada Angkatan Ke-14.

13). MOH ALI MUHSIN, Koran Harian RADAR MADURA, Lulus UKW pada 12 Juni 2015 yang digelar oleh Lembaga Pers dr. Soetomo (LPDS) di Malang, Jawa Timur.

14). RIFQI, MediaMadura.Com. Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 September 2015 dalam UKW Angkatan Ke-11 yang digelar PWI Jatim di Surabaya.

15). WAWAN AWALLUDIN HUSNA, Koran Harian KABAR MADURA. Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 September 2015 dalam UKW Angkatan Ke-11 yang digelar PWI Jatim di Surabaya.

16). TABRI, Koran Harian KABAR MADURA, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 September 2015 dalam UKW Angkatan Ke-11 yang digelar PWI Jatim di Surabaya.

17). MOH RIDWAN, Koran Harian KORAN MADURA, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 September 2015 dalam UKW Angkatan Ke-11 yang digelar PWI Jatim di Surabaya.

18). NURRAHMAN, Koran Harian RADAR MADURA (sekarang MaduraTrendingNews.Com), Lulus Uji Kompetensi (UKW) pada 15 November 2015 yang digelar PWI Jatim di Sarangan, Magetan pada Angkatan Ke-14.

19). TOTOK ISWANTO, KoranHarian KABAR MADURA, Lulus Uji Kompetensi (UKW) pada 15 November 2015 yang digelar PWI Jatim di Sarangan, Magetan pada Angkatan Ke-14.

20). SYAMSUDDIN, Koran Harian Bhirawa, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29 September 2017 dalam Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XXI yang digelar di Surabaya.

21). FRENKY WIRANANDA, Koran Harian Radar Madura, Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29 September 2017 dalam Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XXI yang digelar di Surabaya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.