Sumenep, (Media Madura) – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyatakan, bahwa informasi yang tersebar di berbagai media sosial, terkait adanya pemutihan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sudah habis masa berlakunya adalah Hoax.

“Memang beberapa hari terkahir memang beredar ada pemutihan SIM pada golongan A, B dan C dan berlaku sejak tanggal 2 hingga 7 April 2018, tapi kami tegaskan bohong,” kata Kabag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukid, Kamis (5/4/2018).

Dalam informasi yang beredar dijelaskan, bahwa SIM yang sudah habis masa berlakunya itu bisa diperbarui tanpa melakukan tes tulis dan praktek lagi melalui pemutihan. Pemutihan berlaku di seluruh Indonesia.

Lalu kata Mukid, dari info tersebut pihaknya langsung melakukan koordinasi internal Polri, dan dari hasil koordinasi tersebut dinyatakan bahwa info adanya pemutihan SIM adalah Hoax yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Kami sudah memberikan imbauan dan pengertian kepada para pemohon SIM di Polres Sumenep, bahwa info tersebut adalah hoax, tidak benar adanya,” tandasnya.

Oleh sebab itu, mantan Kapolsek Lenteng ini juga mengimbau kepada masyarakat termasuk warga dunia maya, agar tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar, sebelum ada informasi resmi pihak terkait.

“Seperti dalam kasus ini contohnya, masyarakat bisa langsung konfirmasi ke kami Polres Sumenep atau ke Polsek-polsek terdekat mengenai benar tidaknya informasi,” tutupnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.