Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asyari

Pamekasan, (Media Madura) – Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Khalil Asy’ari, meluncurkan sejumlah program demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya, salah satunya terus mendorong terciptanya lingkungan gemar membaca dan menulis.

Menurut Khalil, salah satu upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis tersebut adalah menambah fasilitas bahan baca dan fasilitas lainnya di perpustakaan daerah.

“Dengan budaya membaca maka hasilnya sangat memuaskan, terbukti ketika Pamekasan dinobatkan sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Jawa Timur,” katanya, Selasa (20/3/2018).

Bahkan, Pemkab akan terus melakukan upaya agar sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan baca tulis itu terpenuhi, termasuk di lingkungan sekolah.

Oleh karena itu pihaknya juga telah mendorong terbentuknya perpustakaan di setiap desa agar fasilitas membaca lebih terjangkau kepada masyarakat. Karena kekayaan intelektual menjadi modal vital dalam membangun daerah.

“Kita juga aktif mendorong terciptanya lingkungan yang gemar membaca dan menulis agar terus meningkatkan kekayaan intelektual di Kabupaten Pamekasan,” tambah Khalil.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengakui, jika budaya membaca dan menulis bumi Gerbang Salam masih rendah meskipun telah memiliki jargon kota pendidikan apabila dibandingkan dengan sejumlah daerah lain di Jawa Timur.

“Kita terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan minat baca dan menulis dengan berbagai program, apalagi iklim literasi kita masih rendah,” tutup Halil.

Reporter: Rifqi

Tinggalkan Balasan