Penyerahan SK pemilihan Ketua AJS terpilih Kamaluddin (kaos hijau) oleh MPJ Hoiruddin di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/3/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) menggelar rapat internal kepengurusan dan pemilihan ketua periode 2018-2020. Pelaksanaan itu digelar pada 9-10 Maret 2018 di Kompleks Villa Batu Permai, Jalan Raya Songgoriti, Kecamatan Songgokerto, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Dalam pemilihan ini, ada dua nama yang menjadi calon kuat Ketua AJS yaitu Dimas Farik yang sekarang menjabat Bendahara AJS dan Kamaluddin mantan Ketua AJS periode 2016-2018.

Suasana pemilihan yang berjalan demokratis itu menghasilkan Kamaluddin sebagai ketua AJS terpilih dengan mengantongi 8 suara. Sedangkan, Dimas Farik mendapat perolehan 6 suara.

Kamaluddin mengatakan, melalui kebersamaan AJS diharapkan menjadi organisasi jurnalis akan berjalan baik yang tetap bisa menjaga independensi jurnalis dan bisa menjadi wadah komunikasi bagi wartawan di Sampang.

“Agar kedepan bisa manjaga dan mengedepankan etika jurnalis dalam setiap produk karya tulisan bagi setiap anggota AJS,” kata Kamaluddin usai pemilihan ketua terpilih, Minggu (11/3/2018).

Selain itu, lanjut Kamal, profesi jurnalis dalam Pilkada Sampang 2018 tetap berkomitmen menjaga netralitas sesuai pedoman kode etik jurnalistik.

“Khususnya Pilkada kami sebagai manusia bisa tidak menepis adanyanya rasa ketertarikan kepada salah satu calon, tapi kami tetap berkomitmen untuk tetap menekankan pada profesi jurnalis sebagai bagian pekerjaan yang utama, dimana setiap karya tulisan kita tetap berimbang dan tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik,” jelasnya.

“Sebagai kewajiban wartawan untuk memenuhi hak publik pembaca, pendengar, menyaksikan berita, kami akan tetap tetap menjalin komonikasi dengan semua pihak baik antar calon bupati dan calon wakil bupati maupun penyelenggara Pilkada,” imbuhnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan