Pamekasan – Aksi sosial itu dilakukan oleh Persit KCK Cabang 45 Kodim 0826 Pamekasan bertempat di Aula Makodim 0826/Pamekasan Jl. Letnan Maksum No 12 Kelurahan Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kamis ( 01/03/18 ) pagi.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bentuk sumbangasih jajaran TNI AD khususnya Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 Kodim 0826/Pamekasan kepada masyarakat Pamekasan.

“Kegiatan donor darah merupakan wujud keinginan anggota Persit Kartika Chandra Kirana dalam rangka menyambut hari jadinya yang Ke -72 sekaligus untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial dan bentuk kepedulian istri prajurit terhadap masyarakat,” jelas Letkol Inf Nuryanto

Dandim menambahkan bahwa Kegiatan sosial donor darah adalah salah satu Program Budaya Nasional dan merupakan salah satu perbuatan yang sangat mulia yang menuntut adanya ketulus ikhlasan, baik dari penyumbang darah itu sendiri maupun bagi penerima darah. Karena setetes darah begitu berarti bagi pasien yang membutuhkan dan hasil darah ini dapat membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di rumah sakit maupun UTD PMI Pamekasan.

Sementara itu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 Kodim 0826 Pamekasan Ny. Anggei Nuryanto menjelaskan, kegiatan Donor darah yang bekerjasama dengan UTD PMI Pamekasan, sebagai bentuk perhatian dan sumbangsih Persit kepada masyarakat Pamekasan.

“Pada HUT Persit kali ini, kami sengaja membuat kegiatan sosial berupa donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Ny. Nuryanto

“Pada kegiatan ini, tercatat 143 peserta donor darah, ada 89 orang dari TNI, Polri 8 orang, Persit 25 pendonor, 11 orang PNS, serta 10 orang masyarakat,” tambahnya.

Dari kegiatan ini, HUT Persit ke-72 diharap menjadi wujud sinergi sekaligus membantu masyarakat melalui kegiatan sosial,” lanjutnya

“Kami berharap diusia Persit yang tidak lagi muda, tetap bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat luas,” tutupnya.

Saat ditemui disela-sela kegiatan donor darah, Kepala UTD PMI Pamekasan Dr. Achmad Syafirullah menyampaikan, pihaknya memiliki ide dan gagasan yang semata-mata sebagai upaya untuk meningkatkan penyediaan stok darah bagi masyarakat Pamekasan, dengan mengusung slogan “Gesekan Manja ( Gerakan Seribu Kantong Menyelamatkan Jiwa )”

“Gerakan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan stok darah untuk masyarakat Pamekasan, dimana dalam setiap bulannya kebutuhan darah bagi masyarakat Pamekasan mencapai 1200 sampai 1300 kantong darah,” jelasnya

Disamping itu, dirinya telah menekankan kepada jajarannya, dengan menerapkan kondisi darurat artinya 24 jam bila masyarakat membutuhkan darah harus diberikan pelayanan yang maksimal dan bila ada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya baik itu datang ke kantor UTD PMI atau petugas harus datang ke rumahnya, “Kami PMI siap memberikan pelayanan,” ungkapnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan