Pamekasan – Sebagai Tentara Rakyat, TNI harus benar-benar mengilhami dan meresapi kedekatannya dengan rakyat, yaitu dengan turun kelapangan dan ikut merasakan suka cita sebagai pendamping yang betul-betul menjalani tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga rakyat pun benar-benar merasakan kedekatan secara emosional dengan TNI sebagai pelindung dan pengayom bagi Rakyat Indonesia.

Sesuai dengan tugas yang telah dibebankan, Babinsa memiliki tugas mengawal keberhasilan Program Swasembada Pangan Nasional, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori tentang pertanian mereka harus tahu.

Merasa dekat, Babinsa Desa Tlonto Raja Koramil 0826/13 Pasean Serda Syamsul Arifin melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian membantu warga binaannya membersihkan rumput di sela sela tanaman kacang hijau di kebun milik Bapak Senni (51) di Dusun Enggas, Desa Tlonto Raja, Kecamatan Pasean.

“Kegiatan pendampingan kepada petani merupakan tugas babinsa demi terwujudnya Swasembada Pangan yang di programkan oleh pemerintah yang melibatkan TNI dengan Kementerian Pertanian,” ujarnya

Tujuan dari pembersihan gulma tersebut agar tanaman kacang hijau bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan dikarenakan tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman kacang hijau.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman kacang hijau, diantaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman,” tutupnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.