Sampang, (Media Madura) – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sampang Moh Amiruddin, melalui Kabid Bantuan dan Perlindungan Sosial Syamsul Hidayat, mengatakan berdasarkan data Kementerian Sosial ada penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Sampang menjadi 19.397 jiwa di tahun 2018.

“Sebelumnya total KPM PKH Sampang 52.498 jiwa dan di tahun 2018 bertambah 19.397 jiwa, jadi total masyarakat yang akan menerima bantuan ada 71.895 jiwa,” kata Syamsul, Selasa (5/12/2017).

Dijelaskannya, terkait penambahan penerima bantuan tersebut proses verifikasi dan validasi data sudah dilakukan melalui pendamping di masing-masing kecamatan. Dengan demikian, adanya penambahan penerima juga berdampak pada penambahan petugas pendamping.

“Supaya nantinya jumlah KPM dengan pendamping bisa ideal dan seimbang, karena satu petugas pendamping menangani maksimal 300 jiwa KPM,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya terus mewanti-wanti kepada petugas pendamping agar melakukan pendataan yang tepat sasaran. Hal itu tentu agar realisasi program bantuan pemerintah tersebut betul bermanfaat dan dirasakan bagi masyarakat penerima.

Syamsul menambahkan, jumlah KPM setiap tahunnya bisa bertambah dan berkurang tergantung komponen masyarakat. Sebab, jika ada warga penerima meninggal dunia, secara otomatis nama warga yang bersangkutan dihapus dari daftar penerima PKH.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan