Sampang, (Media Madura) – Rico Sebastian Ariesta dan Mohammad Wasil, menyerahkan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan ke KPU Sampang, Rabu (29/11/2017) malam. Mereka mendaftar sebagai bakal calon perseorangan untuk calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Sampang 2018.

Pada pukul 21.20 WIB, Rico tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang didampingi sejumlah tim sukses.

Tim sukses Rico dan Wasil menyerahkan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan sebanyak 62.394 dukungan tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang kepada KPU.

Dokumen dukungan pasangan calon perseorangan oleh Rico Sebastian Ariesta dan Mohammad Wasil diserahkan ke KPU Sampang, Rabu (29/11/2017).
Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, mengatakan penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan yang dilakukan Rico dan Wasil sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan sebelum dilakukan verifikasi. Sebab, dokumen dukungan mencapai 62.394 dukungan.

“Ini sudah memenuhi persyaratan sebelum kita cek, tapi nanti setelah dicek akan ketahuan total keseluruhan dukungan,” kata Syamsul usai menerima dokumen dukungan pasangan calon perseorangan, Rabu (28/11/2017).

Syamsul menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) 1/2017 dan Keputusan KPU Sampang Nomor 1/HK.03.1/3579/KPU-Kab/IX/2017 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu. Syarat pasangan calon perseorangan atau independen harus memenuhi jumlah dukungan 805.459, terdiri atas 399.257 pemilih laki-laki dan 406.202 pemilih perempuan.

Jumlah minimal syarat dukungan calon independen 7,5 persen dikali 805.459 pemilih. Hasilnya, syarat minimal dukungan calon perseorangan sama dengan 60.409.425 dan dibulatkan menjadi 60.410 dukungan tersebar di 8 kecamatan.

Dirinya menuturkan, KPU membuka jalur perseorangan sejak tanggal 25-29 November hingga pukul 24.00 WIB. Hingga saat ini hanya satu pasangan calon perseorangan yang mendaftar ke KPU yakni Rico Sebastian Ariesta dan Mohammad Wasil.

“Saat ini kami masih memverifikasi jumlah dukungan itu, selanjutnya akan memverifikasi apakah ada data ganda pendukung dan nanti disampaikan kepada bakal calon serta panwaslu,” jelasnya.

Sementara itu, Rico Sebastian Ariesta, mengaku pendaftaran dirinya sebagai bakal calon Bupati Sampang melalui calon perseorangan karena dilatarbelakangi ingin membangun Kabupaten Sampang dengan menyatukan lapisan elemen masyarakat baik tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

“Saatnya sosok pemuda itu yang harus bergerak dan terjun ke dunia politik demi merubah Sampang atas kondisi integritas bangsa khususnya masyarakat yang tingkat SDM rendah, Sampang sendiri sangat potensial dengan banyak yang bisa ditingkatkan kembali,” terang pemuda alumni UTM Bangkalan itu.

Rico menambahkan, pendaftarannya dilakukan di hari terakhir karena masih banyak kendala dalam mengumpulkan dokumen sebagai syarat dukungan pasangan calon persorangan.

Reporter : Ryan Hariyanto.
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.