Minggu, Oktober 2, 2022

Babinsa di Pamekasan Bantu Petani Pasang Pompa Air

Must read

- Advertisement -

Pamekasan, (Media Madura) – Babinsa Desa Padelegan Koramil 0826/06 Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur Serka Ach Gufron membatu memasangkan pompa air milik petani di Dusun Modung, Desa Padelegan, Rabu (29/11/2017).

Serka Ach Gufron mengatakan, hal itu dilakukan semata-mata membantu petani di wilayah itu, karena selama ini kesulitan air untuk tanaman padi. Menurutnya, upaya itu untuk meningkatkan produksi padi menuju swasembada pangan, khususnya di Kecamatan Pademawu.

“Upaya khusus swasembada pangan sudah menjadi tugas Aparat Komando Kewilayahan, Babinsa memiliki tugas menggerakkan dan memotivasi petani untuk tanam serentak, perbaikan dan pemeliharaan jaringan irigasi, gerakan pengendalian OPT, dan panen,” katanya.

Babinsa juga harus mendukung pula dalam keadaan tertentu, misalnya penyaluran benih, pupuk dan alsintan tepat sasaran serta melaporkan infrastruktur jaringan irigasi.

Dijelaskan, perlu adanya upaya-upaya kesiapan para petani yaitu mulai dari pengguna bibit unggul, pengolahan lahan yang baik, pemupukan yang tepat, pengendalian hama, serta yang paling penting pengairan irigasi yang memadai.

“Kesiapan itulah yang perlu diperhatikan oleh petani,” ujar Serka Ach Gufron.

“Dalam upaya khusus swasembada pangan, kami melakukan pendampingan bersama anggota Kelompok Tani Taman Sari 2 memasang mesin pompa air untuk mengatasi kesulitan air irigasi guna mengairi sawah para petani,” sambungnya.

“Ini sebagai usaha untuk mencukupi kebutuhan air, maka para petani diharapkan menyediakan pompa air di wilayah masing-masing, agar apabila air dari irigasi kurang memadai atau mencukupi pompa air tersebut bisa di pergunakan,” tandasnya.

Rilis
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article