Abu Bakar Basyarahil

Pamekasan, (Media Madura) – Pengamat politik Universitas Madura (Unira) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Abubakar Basyarahil menilai akan mengirit biaya jika rekomendasi partai politik (Parpol) searah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

Searah yang dimaksud oleh Dosen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) itu, misalnya, untuk calon di Jawa Timur koalisi partai A dengan B mengusung AB, maka koalisi dua partai tersebut akan menghemat biaya jika di daerah juga mendukung satu figur yang sama.

“Kalau koalisi partai dari gubernur ke bupati dengan koalisi yang sam maka sangat mengurangi cost, salah satunya untk biaya kampanya karena yang daerah bisa dompleng,” kata Abubakar, Selasa (28/11/2017).

Selain itu, tambah mantan Dekan FIA itu, akan mempermudah untuk mensosialisasikan atau memperkenalkan ke masyarakat, bahwa yang didukung koalisi partai A dan B adalah pasangan calon AB.

“Maka akan mempermudah ketika sosialisasi, dan mesin politik bisa dimaksimalkan,” tambah Abubakar.

Namun, bisa saja koalisi itu dari Pilgub ke Pilbup tidak sama, karena analisis di masing-masing perwakilan partai tingkat kabupaten tidak sama.

“Bisa saja tidak sama karena persoalan prinsip dan lain sebagainya,” tutup Abubakar.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.